Maros, Sulsel – Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan “Tirta Salewangang”  Kabupaten Maros  Sulawesi Selatan menggelar  Pelatihan Peningkatan  Kinerja Kelembagaan  Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) di Kabupaten Maros  beberapa waktu lalu.

Pelatihan dilaksanakan di dua cluster di wilayah Kabupaten  Maros.  Untuk cluster I meliputi Kecamatan Camba, Cenrana dan Mallawa, pelatihan dipusatkan di aula Kantor Kecamatan Camba.  Untuk cluster II yang meliputi Kecamatan Bantimurung, Simbang, Bontoa, Maros Baru, Mandai, Moncongloe, Tanralili, dan Tompobulu, dipusatkan di aula Rumah Makan Nusantara Maros.

Menurut Ketua Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan “Tirta Salewangang” Kabupaten Maros, Ade Permana, sekaligus sebagai Ketua Panitia Pelaksana,  kegiatan pelatihan ditujukan  untuk meningkatkan kapasitas Pengurus KPSPAMS tingkat desa dalam rangka peran dan fungsi KPSPAMS  dalam mengawal keberlanjutan program Pamsimas di desanya masing-masing.

Pelatihan diikuti oleh perwakilan Pengurus KPSPAMS tingkat desa dari 29 Desa/Kelurahan peserta Pamsimas tahun 2014 hingga 2017.  Setiap KPSPAMS mengirimkan perwakilan yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara, dengan total jumlah peserta pelatihan sebanyak 87 orang.

Budiyanto, SKM mewakili DPMU Pamsimas  dari Dinas Kesehatan Kabupaten Maros menyampaikan, peran dan fungsi Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan “Tirta Salewangan” sangat besar dimasa  yang akan datang.  Ia meminta kepada Asosiasi untuk menjadi mitra Pemerintah Daerah Kabupaten Maros dalam mengawal issue-issue air minum dan penyehatan lingkungan.  Kepada Pengurus KPSPAMS yang ada di tingkat desa, ia mengharapkan agar KPSPAMS dan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM)  untuk melibatkan  masyarakat rentan termasuk penyandang disabilitas untuk dilibatkan dalam oporasional dan pemeliharaan sarana berkordinasi dengan Pemerintah Desa/Kelurahan dan sanitarian Puskesmas Kecamatan.

Materi pelatihan yang disampaikan oleh Tim Pemandu dari ROMS Pamsimas Kabupaten Maros, antara lain Awareness (Kesadaran), Pemberdayaan Masyarakat, Mengenal KPSPAMS Pembaru, Penguatan Kelembagaan KPSPAMS dan  Tata Kelola KPSPAMS. (Nur Khalis, ST-DC Maros/ Hartono Karyatin-Adv & Media Sp Pamsimas)