Aceh Besar, NADBadan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP-SPAMS) Ayon Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar telah melakukan pemasangan 86 meter air sambungan rumah pada rumah masyarakat miskin dan kurang mampu, ucap Muhammad Halim, pada saat pertemuan di Meunasah Ayon yang dihadiri oleh Petrizal, S.T., M.T. PC Pamsimas Aceh, Effendi, S.T. DC Pamsimas Aceh Besar, Bahagia Ishak, S.T., M.T. Co. DC Pamsimas Aceh Besar dan M. Nur, Kepala Desa Ayon, Kamis (24/05/2018).

Muhammad Halim, Ketua (BP-SPAMS) Ayon Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar mengatakan pemasangan meter air itu dilakukan oleh pengurus BP-SPAMS dengan sumber pendanaan dari dana desa tahun anggaran 2016 lalu. “Benar Pemerintah Desa Ayon telah melanjutkan Program Pamsimas tahun 2015 untuk kebutuhan air minum bagi 105 KK atau 550 jiwa dengan menyediakan air bersih bermeteran sampai ke rumah warga”, ungkap Halim.

Lebih lanjut Halim mengatakan bahwa Pemerintah Desa telah membantu SR warga miskin sebesar Rp120.000.000. “Dengan biaya sebesar itu telah membuat air bersih bagi masyarakat telah akses 100 persen”.

Untuk mendukung operasional badan pengelola, pihak BP-SPAMS menerapkan iuran air bersih bagi masyarakat yang telah pasang SR dengan biaya 1 m3 sebesar Rp500,- Rata-rata pemakaian air minum mulai dari 10 – 30 m3. “Biaya Rp500 telah rutin diambil tiap bulan pada pelanggan dan semua bayar, satu bulan bisa mengumpulkan uang sebesar Rp450.000, dan saat ini kas di tangan bendahara telah mencapai Rp 1.500.000”, ujar Halim yang didampini oleh Irfan Koordinator KKM dan Darmawan Bendahara BP-SPAMS.

Petrizal, PC Pamsimas Aceh mengatakan kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Desa Ayon perlu diambil sebagai contoh dalam pelaksanaan program Pamsimas di desa. “Kita harus belajar dari Ayon karena sambungan rumah sudah 100% yang dianggarkan dari dana desa”, ucap Petrizal  yang turut didampingi pula oleh Effendi, S,T, selaku DC Pamsimas Aceh Besar.

Kunjungan lapangan ke Desa Ayon, Kec. Seulimum Kabupaten Aceh oleh PC Pamsimas Aceh juga turut ikut melakukan pemeriksaan meter air seorang warga dan melakukan cek nilai iuran yang dibayar. Sekaligus melakukan wawancara kepada ibu-ibu Desa Ayon dengan menanyakan langsung manfaat air minum dan kesediaan membayar iuran tiap bulan yang diambil oleh BP-SPAMS Ayon. “Saya senang dengan kontribusi masyarakat Ayon khususnya ibu-ibu yang dengan iklas membayar iuran”, ujar Petrizal dengan senang. (Bahagia Ishak_Co.DC Aceh Besar;Deddy S -WDA NMC)