Jembrana, Bali– Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kab. Jembrana Drs. I Made Wisatanya, M.Si, atas nama Bupati Jembrana, I Putu Artha, SE berkenan membuka acara Bimbingan Teknik [Bimtek] Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat [PAMSIMAS] Perdesaan Se-Kabupaten Jembrana. Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Jembrana yang mengatakan bahwa Pemerintah Jembrana sangat mengapresiasi Bimtek  yang berlangsung selama 2 [dua] hari ke depan.

Beliau mengatakan bahwa Pamsimas merupakan strategi program yang mewadahi dan mengkolaborasikan program-program air minum dan sanitasi berbasis masyarakat dari berbagai sumber pendanaan dari pusat, provinsi, kabupaten dan desa dalam rangka pencapaian akses 100 persen air minum dan sanitasi. Dukungan dan koordinasi lintas sektor merupakan upaya pemerintah untuk mencapai target pemenuhan akses 100 % layanan air bersih. “Diharapkan manfaat Program tidak hanya berwujud fisik, tetapi berdampak pada perubahan pola dan prilaku hidup bersih dan  sehat”, demikian harapan Bupati Jembrana.

Bimtek yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini bertujuan untuk pemerataan pemahaman dan persepsi terhadap proses perencanaan dan implementasi program Pamsimas antar OPD terkait,  pemerintah desa dan kelompok masyarakat pengelola air bersih perdesaan, penguatan kapasitas kelompok Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat/KP-SPAMS, menyusun rumusan strategi, menyukseskan PAMSIMAS yang berkelanjutan serta menyusun rumusan strategi dalam meningkatkan koordinasi lintas stakeholders yang ada. Bimtek yang dihadiri dari unsur Perbekel (Kepala Desa), KKM dan Satlak, berlangsung 14-15 Juni bertempat di Haula Jimbarwana, Kantor Bupati Jembrana.

Dalam Laporannya, Ketua Panitia menyampaikan bahwa materi bimtek yaitu menyangkut peran serta masyarakat dalam rangka pencapaian target 100% pelayanan air minum, administrasi dan pengelolaan organisasi, dan kelembagaan masyarakat dalam Pamsimas serta perannya. Adapun pemateri dalam bimtek adalah Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Jembrana, Fasilitator Senior dan District Coordinator Pamsimas III Kabupaten Jembrana.

T. Sonny M,  Salah seorang anggota Pokja AMPL Kabupaten Jembrana, mengatakan: “Bimtek ini sebagai Persiapan pelaksanaan Pamsimas III dalam melakukan penguatan terhadap kelembagaan masyarakat, dan pengelola dapat melaksanakan dengan baik dan benar. Keterlibatan PMD logis karena sebagai pembina untuk desa”, demikian ujarnya ketika dimintai pendapat mengenai penyelenggaraan Bimtek. Senada dengan itu,  Kepala Dusun Banjar Brambang, yang dapat Program Pamsimas tahun 2017 ini menyampaikan  kesan terhadap pelaksanaan Bimtek: “Kita sangat antusias dengan Bimtek ini karena akan banyak memberikan informasi dan pemahaman terhadap Program di Desa kami, dan tentunya akan membantu implementasi Pamsimas agar hasilnya bermanfaat bagi masyarakat, , ujarnya

Izzul Himamsyah, District Coordinator Pamsimas Kabupaten Jembrana, menyampaikan bahwa Kegiatan ini wujud riil dari kerjasama Pemda, dalam hal ini Dinas PMD dalam memberikan penguatan kepada lembaga / badan yang dibentuk oleh pamsimas di Tingkat Desa. “Kondisi ini sejalan dengan ranah Dinas PMD dalam Program Pamsimas. Ke depan, sudah ada komitmen dari Dinas PMD untuk merencanakan kegiatan peningkatan kapasitas lainnya yang terkait dengan Program, melalui alokasi anggaran APBD”, ujarnya. (Ni Made Wisnu Wardhani-DFMA Jembrana;Deddy S-Asst.MIS/Web Admin)