Pengadaan adalah proses untuk memperoleh barang dan jasa berupa pengalihan dari pihak ketiga atau dari pihak yang mengadakan (penyedia barang/jasa) kepada pihak pertama (wakil dari pemakai/pemanfaat/masyarakat). Proses pengalihan ini melalui proses yang diatur sedemikian rupa sehingga barang dan jasa tersebut diperoleh dengan kualitas yang tepat, harga yang termurah dalam waktu yang sudah ditentukan.

Cara menentukan kegiatan pengadaan diawali dengan proses perencanaan (penyusunan RKM) yang akan menghasilkan Harga Satuan dan RAB Kegiatan.

Untuk memperoleh barang dan jasa dalam rangka menunjang pelaksanaan kegiatan, pembangunan sarana air minum dan sanitasi diperlukan penyedia barang dan jasa, maka

proses pengadaan diawali Tim Pengadaan melakukan pertemuan dengan warga masyarakat untuk mensosialisasikan rencana pengadaan barang dan jasa. Selanjutnya Tim Pengadaan melakukan pemaketan dan menentukan metode pengadaan yang akan dilakukan. Tim Pengadaan juga perlu melakukan sosialisasi di berbagai tempat untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi penyedia Barang dan Jasa.

Output yang akan dihasilkan dalam tahapan pengadaan barang dan jasa adalah;

terpilihnya (pemenang) penyedia barang/jasa sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dalam program Pamsimas.