Harga Satuan yang dianut dalam program Pamsimas adalah harga satuan hasil survey, yaitu: Harga satuan material (ditempat/lokasi pekerjaan) = harga toko/pemasok terendah hasil survey + biaya transportasi / pengangkutan sampai ke lokasi desa.  Jadi bukan harga satuan berbasis kabupaten atau provinsi dan bukan harga satuan rata-rata.

survei harga dilakukan secara berjenjang dari mulai desa, kecamatan (desa terdekat), kabupaten, provinsi dan tidak menggunakan harga satuan yang sudah ditetapkan kabupaten.

Tahapan yng dilakukan untuk menetapkan harga satuan material/bahan di desa, adalah sbb:

  1. Tetapkan Spesifikasi Teknis barang/material/jasa sesuai kebutuhan.
  2. Survey harga barang/material/jasa dari minimal 3 Toko/Pemasok/Penyedia jasa → disarankan minimal 3 merek/penyedia jasa yang berbeda → gunakan format survey dalam buku Juknis Perencanaan Tingkat masyarakat (Lampiran Form PT.2-06 Berita Acara Survey Harga Bahan/Material, Tenaga Tukang)

Membandingkan dan menetapkan harga barang/material hasil survey → diambil harga termurah (bukan harga satuan rata-rata). Perbandingan harga terhadap kurang dari 3 toko/pemasok/penyedia jasa dapat diterima, apabila alternatif toko/pemasok/penyedia jasa memang terbukti tidak ada