Nagan Raya, Aceh – Bertempat di Aula Kantor Bappeda, Komplek Perkantoran Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya diadakan Pembentukan dan Pelatihan Tim Penyusun RAD-AMPL Kabupaten Nagan Raya pada hari Sabtu, 29 April 2017. Pertemuan yang dihadiri oleh lintas SKPD di jajaran Pemkab diantaranya Bappeda, Dinas Perkim, Dinas Kesehatan, BPM dan pihak PDAM  tersebut dibuka oleh Bupati Kabupaten Nagan Raya diwakili oleh Sekretaris Daerah, Dra.Hj.Cut Intan Mala.

Pada kesempatan itu, Sekda menyampaikan bahwa Pemkab Nagan Raya sangat mendukung kegiatan yang berhubungan dengan kebutuhan primer seperti air dan sanitasi. Selain itu juga disampaikan, dengan adanya Rencana Aksi Daerah mengenai AMPL diharapkan wilayah yang selama ini belum terpantau, bisa dijangkau dan dianggarkan untuk pembiayaan air minum dan sanitasi

Kegiatan satu hari tersebut menghadirkan nara sumber, Petrizal,ST,MT  selaku Provincial Coordinator (PC)  Pamsimas ROMS-1 Aceh, Wiendra Perdana,SKM, Co-PC, dan Jon Fetriyadi Yohanes,SE, LG Specialist. Pelatihan juga melibatkan empat belas  sanitarian di wilayah ini. Sistematika pelatihan lebih difokuskan kepada validitas pengambilan data dan indikator data pembanding sehingga validitas data pendukung dalam membuat RAD bisa dipertanggungjawabkan.

Pada sesi simulasi, tergambar untuk data sanitasi di Kabupaten Nagan Raya dengan menggunakan form Inspeksi sanitasi para petugas Puskesmas. Dalam sesi ini juga dapat dilihat tahapan pengambilan data hingga nantinya terbangun RAD yang berkwalitas dan menjadi acuan bagi pembangunan sektor AMPL di Kabupaten Nagan Raya.

Pada akhir acara, Petrizal,ST,MT menyampaikan dengan dua kegiatan yang telah dilaksanakan Pemkab Nagan Raya terkait RAD-AMPL, menjadi pemicu Kabupaten lainnya di Provinsi Aceh untuk pembuatan RAD-AMPL, selain tiga kabupaten yang telah menelurkan Peraturan Bupati.  (Wiendra Perdana-ROMS 1 Aceh;Deddy Setiawan-Web Admin/Asst.MIS CMAC)