Pengelolaan sistem penyediaan air minum dan sanitasi (SPAMS) berbasis masyarakat yang berkelanjutan bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kuantitas, kualitas, kontinuitas, keterjangkauan dan pengembangan akses penduduk perdesaan terhadap air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.

Berbagai upaya tersebut tentu sangat berkaitan erat dengan tujuan Program Pamsimas, khususnya dalam aspek Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan Daerah, yaitu: (i) memampukan masyarakat untuk mengorganisasi dirinya, merencanakan, mengelola, dan menjaga keberlanjutan pelayanan air minum dan sanitasi yang aman; (ii) memperkuat kapasitas kelembagaan masyarakat dalam rangka menjamin kualitas pengelolaan pelayanan SPAMS desa/kelurahan.

Petunjuk teknis ini disediakan untuk memberikan panduan langkah-langkah peningkatan kapasitas di tingkat masyarakat dalam rangka pengelolaan program air minum dan sanitasi perdesaan berbasis masyarakat yang berkelanjutan.

Petunjuk teknis ini memuat substansi utama diantaranya: 1)  Penguatan keberlanjutan pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, yaitu pada tahap pasca pelaksanaan pembangunan di tingkat masyarakat (tahap pasca konstruksi di tingkat masyarakat).  2)  Kegiatan pengelolaan SPAMS berbasis masyarakat dan pengembangan menuju akses universal. 3)  Para pelaku dan langkah-langkah penguatan keberlanjutan.