Program Pamsimas akan mempunyai dampak yang positif bagi masyarakat yang tersebar di desa/kelurahan khususnya untuk mencukupi kebutuhan air minum, sanitasi, dan perubahan perilaku kesehatan. Saat ini Program Pamsimas merupakan salah satu program unggulan dalam peningkatan jumlah warga masyarakat yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target 100% akses air minum aman dan sanitasi layak.

Sebagai program yang menggunakan pendekatan berbasis masyarakat, Pamsimas menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan sekaligus sebagai penanggungjawab pelaksanaan dan pasca kegiatan. Namun demikian pembinaan dan pengawasan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten sangat diperlukan agar keberlanjutan layanan air minum dan sanitasi perdesaan bisa tetap berlangsung. Untuk membantu Pemerintah Daerah menyelenggarakan pembinaan dan pengawasan agar berjalan secara efektif dan efisien, maka diperlukan petunjuk teknis.

Buku Petunjuk Teknis ini merupakan satu kesatuan dengan Pedoman dan Petunjuk Teknis Pamsimas lainnya dengan salah satu tujuannya yaitu sebagai acuan bagi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Pemerintah Desa menjalankan peran dan tugasnya dalam melakukan pembinaan untuk keberlanjutan penyediaan layanan air minum dan sanitasi.

[dflip id=”36196″][/dflip]