Sampang, (regamedianews.com) – Bantuan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III sangat membantu warga Dusun Gadih, Desa Margantoko, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Pamsimas III adalah program yang dilaksanakan Pemerintah Indonesia didukung Bank Dunia. Sasarannya wilayah perdesaan dan pinggiran kota. Pamsimas untuk meningkatkan jumlah fasilitas masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan.

Kepala Desa Margantoko Faisol mengaku sangat bersyukur dengan adanya program Pamsimas. Menurutnya, program ini bermanfaat untuk memberikan dan menyediakan air bersih bagi warganya.

“Air bersih dan sanitasi yang baik di lingkungan desa adalah kunci menciptakan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Karena,  masyarakat tidak mungkin jadi makmur dan sejahtera kalau tidak punya air yang bersih”, kata Faisol, Selasa (17/12/19).

Lebih lanjut Faisol mengatakan, dengan program Pamsimas III masyarakat desa bisa mendapatkan kualitas air yang bersih dan layak.

“Program warga dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat”, ujar Faisol.

Faisol menambahkan, Pamsimas itu dibangun sejak September lalu dan sudah diserahkan Pemkab Sampang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Sampang.

“Pamsimas III ini menggunakan air baku sungai dan saat ini sudah ada 30 sasaran rumah tangga warga desa yang memanfaatkannya”, pungkasnya. (adi/har)

Sumber:
https://regamedianews.com/2019/12/17/kades-margantoko-program-pamsimas-iii-sangat-membantu-masyarakat/