Lima Puluh Kota, Sumbar –  Empat bulan telah berlalu ketika tabuh gendering murid SDN 3 Jorong Lobuah Tunggang di acara serah terima begitu gemuruh penuh semangat mengiringi para tamu undangan  yang dating ke jorong Lobuah Tunggang dalam rangka peresmian dan serahterima Program Pamsimas III KKM Batu Janjang. Teriknya mentari tak menyurutkan tekad anak-anak SD Jorong Lobuah Tunggang untuk menunjukkan bakat mereka dalam beratraksi dan menari di hadapan  para tamu.

“Hanya ini yang bias sekolah persembahkan wujud terimakasih kami kepada Program Pamsimas yang telah membangun sarana sanitasi sekolah da nkegiatan PHBS,“ujar ibu Kepala Sekolah SDN 3 Jorong LobuahTunggang kepada Tim Fasilitator.  Kalimat sederhana yang seolah membuat hati meleleh bahagia, perjuangan program Pamsimas selama lebih satu tahun di Jorong LobuahTunggang kian bermakna. Sambutan luar biasa dari seluruh masyarakat yang diawali anak sekolah ini, sungguh membuat para tamu terpana.

Kemeriahan acara tersebut turut disaksikan Hj. YunireYunirman, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang hadir diacara mewakili Bupati Lima Puluh Kota, dengan ditemani OPD Terkait, Bappelitbang, Dinas Kesehatan, Anggota DPRD Akrimal Adam danYos Hariadi, Camat Mungka, Wali Nagari danJorong.

Lobuah Tunggang adalah jorong yang unik, pemukiman masyarakat terletak di lekukan lembah yang dikelilingi oleh perbukitan yang terjal dan indah.  Jorong berada di lokasi yang sulit dijangkau akan tetapi mengandung potensi yang siap digali.  Jorong tanpa signal telekomonikasi yang baik, sehingga cukup menyulitkan dalam berkomunikasi, akan tetapi tak mengurangi jorong ini dalam berprestasi.

“Bagi kami jorong ini lebih unik lagi.  Estafet pendampingan terjadi di jorong ini.  Waktu proses kegiatan tengah berjalan terjadi pengurangan tim fasilitator, yang membuat kami harus mengatur strategi dalam pendampingan.  Tetapi ini tidak menyurutkan tekad kami tim fasilitator Kabupaten untuk menyukseskan program Pamsimas sesuai dengan motto Tim Fasilitator Kabupaten Lima Puluh Kota : Bersama Kita Bisa, Bersatu Kita Tangguh, ”kenang Uri salah seorang anggota Tim Fasilitator dari Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kekompakan KKM dan seluruh lapisan masyaraka tdalam menyukseskan program Pamsimas adalah prestasi yang tidak terbantahkan.  Pada tahap pelaksanaan kegiatan, partisipasi masyarakat dalam ber-incash dan ber-inkind sungguh luar biasa.  Suasana gotongroyong dan kebersamaan begitu kentald alam Alek Nagari acara peresmian ini.  Masyarakat saling berlomba untuk memberikan sumbangsihnya demi suksesnya acara saat itu.

Semangat KKM ketika proses pelaksaan ternyata juga ditularkan kepada BP-SPAMS disaat proses operasional dan pemeliharaan keberlanjutan.  Dari 100 sambungan rumah (SR) yang terhubung ke rumah warga, 60 SR diantaranya telah memiliki meteran  dengan biaya masyarakat melalui pengaturan yang baik oleh BP-SPAMS.

Ali Usmar, Koordinator KKM Batu Janjang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Program Pamsimas dan seluruh pihak yang terkait, berkat program ini 156 rumah telah dapat menikmati air bersih langsung melalui sambungan rumah. Tujuan program PAMSIMAS III untuk 100% akses air bersih tercapai di Jorong ini.

BP-SPAMS telah menyiapkan administrasi keberlanjutan dengan baik.  Setiap pemanfaat telah memiliki kartu iuran, setiap anggota bahu membahu untuk menjadikan BP-SPAMS  Jorong Lobuah Tunggang menjadi BP-SPAMS berkinerja lebih baik di Nagari Simpang Kapuak dibanding BP-SPAMS jorong yang lain yang telah lebih dulu menikmati program Pamsimas. Tekad menjadi kelembagaan masyarakat yang transparan seperti beningnya air yang telah mengalir sampai ke rumah-rumah masyarakat, menjadi nilai yang diwajibkan kepada setiap anggota BP-SPAMS. Meraih kepercayaan masyarakat adalah modal utama untuk menjaga keberlajutan program Pamsimas.  Dan, kepercayaan itu tidak didapatkan tanpa adanya kejujuran.

Rosnimar selaku District Coordinator Pamsimas Kabupaten Lima Puluh Kota mengingatkan warga jorong, “Memelihara lebih sulit dari membangun.” Ia mengharapkan agar semua sarana yang telah terbangun yakni, intake, reservoir, jaringan pipa, box stop kran, sambungan  rumah dan WC sekolah dapat dijaga dan dimanfaatkan  oleh masyarakat Lobuah Tunggang. “Tanggung jawab menjaga bukan hanya menjadi kewajiban BP-SPAMS akan tetapi seluruh lapisan masyarakat Lobuah Tunggang tanpa terkecuali,” tambah Rosnimar.

Kini air telah mengalir kencang.  Wajah-wajah senang terpancar di wajah masyarakat Lobuah Tunggang.  Tugas BP-SPAMS belum selesai.  Mencapai target 100%  akses sanitasi adalah pekerjaan rumah yang masih harus dilakukan BP-SPAMS.  Permukiman masyarakat  yang sebagian besar dibangun di atas tanah rawa membutuhkan kiat khusus untuk menciptakan alternatif jamban sehat yang baik, yang kini sedang digalakkan jorong Lobuh Tunggang.

Jorong Lobuah Tunggang berada di Nagari Simpang Kapuak Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.Jorong tak bersignal kinikian berdendang berjuang memancarkan sinyal-sinyal perubahan demi kesejahteraan masyarakat.  Mewujudkan Universal Access bukanlah mimpi meski tanpa dukungan akses komunikasi (Uriati Zulkifli dan Team-Fasilitator Kab. Lima Puluh Kota/Hartono Karyatin-Advocacy & Media Sp. NMC)