Lebong,Bengkulu – Sosialisasi  dilaksanakan di gedung pertemuan Bappeda Kabupaten Lebong  tgl 6 Juni 2017, sosialisasi dibuka oleh Pejabat PLT Kepala Bappeda Drs. Robert Rio Mantovani, dalam acara sambutan pembukaan Robert menyarankan untuk tidak adanya timbul masalah yang disebabkan dengan adanya desa Pamsimas dan desa PDAM.

Acara Sosialisasi Pamsimas III sudah pernah dilaksanakan di tahun 2016 untuk desa TA 2017 dengan sharing program 3 desa APBD dan 12 desa APBN.Sedangkan di TA 2018 Pemda Kabupaten Lebong sudah menyiapkan untuk 3 Desa APBD.

Acara Sosialisasi telah dihadiri oleh Lintas SKPD dalam hal ini Pokja AMPL,Pakem, Kepala Desa dan khusus mendatangkan Direktur PDAM Kabupaten Lebong Sofyan Raziq dan Sebagai moderator adalah Kabid Fispra Bappeda,Rengki Anggara,SE. Narasumber Sosialisasi Pamsimas III di Kab. Lebong adalah DC Yose Rizal  dan LGS Wiharnastiyono.

Antusias peserta dalam acara sosialisasi Pamsimas III ditunjukan dengan dinamika kelas melalui pertanyaan-pertanyaan sekitar PDAM dan Pamsimas , desa berharap dengan hadirnya Pamsimas di Lebong dapat memberikan semangat bagi masyarakat desa terhadap kebutuhan dasar air minum.

Secara geografi Kabupaten lebong dikelilingi oleh perbukitan dengan suhu udara yang dingin,dan banyaknya sumber air yang belum dikelola secara maksimal oleh masyarakat desa dan Pemda.

Dalam penjabaran sosialisasi Program Pamsimas, perwakilan desa dan Kades dapat menangkap tentang SPAM Perdesaan, diharapkan akan tumbuh kembangnya Kelembagaan Pengelolaan SPAM di tingkat desa.

Berkaitan dengan sharing penyertaan dana APBDes mereka akan menyiapkan minimal 10 %, bahkan sudah ada pengalaman dan kesadaran desa dalam perencanaan Desa untuk pembiayaan pemenuhan Kebutuhan dasar air minum, sehingga desa siap mencantumkan program kegiatan air minum ke dalam RPJMDesa perubahan di tahun depan.

Sofyan Raziq selaku Direktur PDAM Kab.Lebong menjelaskan tentang kinerja PDAM dan Lokasi perencanaan Pengembangan PDAM,pada intinya menyarankan untuk Pamsimas tidak memakai pipa distribusi  yang sudah dibangun oleh PDAM.

Pamsimas adalah sebuah Program Pemberdayaan Masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan dasar (Air Minum dan Sanitasi ) yang dikelola oleh masyarakat untuk masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan paska program. Keterlibatan masyarakat dan peran pemerintah Desa Serta peran Pemerintah Kabupaten akan membawa kepada keberhasilan program Pamsimas.

Dalam pelaksanaan nantinya masyarakat tidak hanya terpenuhi Kebutuhan Air Minumnya saja tapi adanya perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang akan dikawal oleh Dinkes melalui Program STBM.

Kabupaten Lebong berkomitmen mendukung Kebijakan target Universal Acces 100 % Air Minum dan Sanitasi dengan menyiapkan pendanaan sharing program APBD di 2017 – 2019. (Wiharnastiyono,LGS ROMS 6; Deddy S-Asst.MIS/Web Admin CMAC)