Maros, Sulsel –  DPMU Kab. Maros bekerjasama dengan Tim ROMS 15 Pamsimas Kabupaten  mengadakan Rapat Kordinasi Kabupaten dan MIS Day, di Maros (26 September).  Rapat Koordinasi dibuka secara resmi oleh Ketua Pakem Pamsimas Kab. Maros H. Mustika Nurdin, dan  dihadiri PPK Pamsimas, TA CB/CD ROMS 15 Provinsi Sulawesi Selatan, Tim ROMS 15 Kab. Maros, FS, dan Tim FM Pamsimas Kab. Maros. Rapat Koordinasi ini dimaksudkan untuk penyamaan  persepsi tentang berbagai isu strategis sebagai input penting melakukan evaluasi terhadap capaian program Pamsimas di Kab. Maros, dan  selanjutnya merumuskan langkah-langkah taktis pelaksanaan program Pamsimas ke depan. Disamping itu untuk menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap program serta indikator dampak sebagai bagian dari proses evaluasi dan pencapaian target. Rakor dan MIS Day sekaligus untuk melengkapi kekurangan data, memperbaiki kualitas pengisian data, serta melakukan verifikasi dan validasi data SIM.

Dalam sambutannya, Ketua Pakem H. Mustika Nurdin, yang juga Staf Bappeda Kab. Maros ini menyampaikan, perlunya diadakan Rapat Kordinasi dan MIS Day secara kontinyu sehingga semua issu yang terkait dengan tahapan pelaksanaan program Pamsimas III dapat dilakukan evaluasi untuk disesuaikan tujuan program berdasarkan Pedoman dan Juknis Pamsimas.

Sementara itu, PPK Pamsimas III – Muslim yang hadir mewakili Ketua DPMU Pamsimas Kab. Maros menyampaikan arahannya  terkait capaian pelaksanaan Pamsimas III TA. 2017 untuk wilayah Kab. Maros. Perhatian Pemda Kab. Maros dalam pelaksanaan Program Pamsimas cukup besar.  Hal ini dibuktikan dengan penambahan satu  desa yang didanai melalui BLM APBD sebagai bentuk komitmen Pemda Kab. Maros dalam sharing pembiayaan program Pamsimas. Dukungan Pemda Kab. Maros juga direalisasikan dalam bentuk kolaborasi pendanaan RKM 100 % melalui DAK tahun 2018 bagi desa-desa yang telah diintervensi oleh program Pamsimas.

Agenda lain dari Rakor dan MIS Day adalah presentasi panel per Sub-Tim FM terkait capaian pelaksanaan kegiatan, dan dilanjutkan dengan diskusi membahas berbagai permasalahan yang dihadapi di lapangan. Acara dilanjutkan dengan  presentase kelengkapan dan kualitas data SIM, disampaikan oleh DEAO Kab. Maros Agung Gumelar.  Pada sesi ini dilakukan ekspose data SIM, dilanjutkan dengan penguatan dan perbaikan data SIM.  Perbaikan/penginputan data SIM dilakukan secara bersama-sama oleh TIM FM.  Akhir Rakor dan MIS Day dilakukan penyusunan Rencana Kerja Fasilitator

Belajar Bersama Melalui On The Job Training

Pada kesempatan lain, Tim ROMS 15 Kab. Maros mengadakan kegiatan On The Job Training  (OJT), di Maros (26 September).  Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Pamsimas di Kab. Maros khususnya bagi  Tim Fasilitator Masyarakat (FM).  Peningkatkan pemahaman dan/atau ketrampilan bagi peserta OJT dilakukan dengan menggunakan pendekatan “bedah kasus”.  Melalui bedah kasus akan ditemukan fakta  dan permasalahan yang dihadapi di lapangan, lalu dilakukan analisa capaian kegiatan dengan menggunakan indikator KPI dan data SIM, merumuskan solusi penanganan, dan selanjutnya disusun rencana tindak lanjut.  Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja,  penguatan integritas dan kualitas pendampingan kepada masyarakat.   Kegiatan ini diikuti oleh Tim ROMS 15 Kab. Maros, Fasilitator Senior (FS), dan Tim FM.

Kegiatan diawali penjelasan alur belajar bersama oleh DC Kab. Maros Nur Khalis, dilanjutkan pembahasan studi kasus tentang Peningkatan Kualitas Perencanaan dan Implementasi Bidang Keuangan, serta Review PJM Proaksi, dipandu Co-DC Abd. Rajab dan Fasilitator Senior Haeruddin. Untuk bedah kasus di lapangan disampaikan Tim FM.

On The Job Training, juga melakukan refleksi atas capaian KPI dan hasil MIS Day serta  analisis fakta lapangan, dipandu oleh DEAO Kab. Maros – Agung Gumelar.  Dalam OJK ini dilakukan penguatan kepada Tim FM berdasarkan Pedoman dan Juknis Pamsimas serta pengkayaan lainnya. Diakhir acara, sebelum penutupan dilakukan umpan-balik melalui CB Online secara bersama-sama oleh Tim FM dan Pemandu. (Nur Khalis – DC  Kab. Maros/Hartono Karyatin – SosMed & Communications Sp.)