Palembang-SumselProgram Pamsimas III Tahun Anggaran 2018 sudah mendekati akhir tahun.  Seiring akan segera berakhirnya tanhun anggaran 2018, Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Provinsi Sumatera Selatan menggelar rapat evaluasi kinerja fasilitator senior (FS) dan fasilitator masyarakat (FM) program Pamsimas di Palembang (6-9/11/2018).

Dalam arahanya saat membuka rapat, Kepala Satker PSPAM Sumatera Selatan Sopan mengharapkan agar seluruh pihak dapat memanfaatkan momen rapat evaluasi kinerja FS dan FM program Pamsimas III yang difasilitasi Satker PSPAMS sebagai momentum perbaikan kinerja seluruh Tim Pamsimas terutama di tingkat desa dan kabupaten.

“Saya mengajak kepada seruluh Tim Fasilitator untuk dapat menyampaikan secara komprehensip progres pendampingan, mulai dari kegiatan pendampingan desa pasca, desa berjalan 2018 dan desa perencanaan 2019, sehingga seluruh pihak yang berkepentingan dapat melakukan evaluasi kegiatan sekaligus evaluasi kinerja para pelaku khususnya di tingkat fasilitator,”  pinta Ka Satker Sopan.

Lebih jauh beliau menyampaikan harapannya agar seluruh pelaku Program Pamsimas di Provinsi Sumatera Selatan, khususnya FS dan FM agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan TOR yang berlaku.

Sementara itu, Jenton Tambunan selaku PPSPM Satker PSPAM menegaskan, kegiatan evaluasi bertujuan untuk memastikan pelaksanaan kegiatan Tahun Anggaran 2018 di tingkat desa dapat selesai secara 100% pada akhir Desember 2018. Salah satunya dengan melihat, mengenali dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan sehingga dapat dicarikan solusi dan target penyelesaian secara bersama-sama.

Rapat evaluasi yang diiringin kabar duka dimana ada tiga orang failitator dari Kabupaten Empat Lawang mengalami kecelakaan lalu lintas saat menuju lokasi rapat evaluasi dan harus dilakukan perawatan di rumah sakit, tetap dilaksanakan dan berjalan lancar.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 6 sampai 9 Nopember 2018 di Hotel Garuda Mas Palembang Sumatera Selatan ini sendiri diikuti oleh Fasilitator Senior dan Fasilitator Masyarakat serta Distric Coordinator dari 13 Kabupaten yang ada di Propinsi Sumatera Selatan. Selain itu turut hadir dalam acara tersebut Provincial Coordinator, TA WW,TA CD/CB, FMS,DMA, Korprov STBM dan jajaran Staf Satker PSPAMS Program Pamsimas Sumsel.

Acara dibagi dalam empat sesi pertemuan.  Pertemuan hari pertama diikuti oleh 4 kabupaten;  hari kedua, ketiga dan keempat, masing-masing diikuti oleh tiga kabupaten. Acara diawali dengan penyampaian alur kegiatan oleh Gusti Fajrianto yang merupakan TA CD-CB Pamsimas Sumatera Selatan, dan diteruskan mendengarkan arahan dari Kepala Satker PSPAM Sumsel, dilanjutkan dengan penyampaian hasil kunjungan misi Word Bank oleh FMS Pamsimas Sumsel, penyampaian capaian kegiatan dan permasalahan oleh masing-masing Fasilitator Senior dan diakhiri dengan penyusunan dan pemaparan rencana kerja tindak lanjut oleh masing-masing District Coordinator dari 13 Kabupaten Pamsimas se-Sumatera Selatan.

Saat ini jumlah Fasilitator program Pamsimas se-Sumatera Selatan secara keseluruhan ada 113 tenaga fasilitator bidang pemberdayaan, 50 tenaga fasilitator bidang teknik, dan ditunjang 22 tenaga Fasilitator Senior.  Fasilitator tersebut bertugas untuk mendampingi masyarakat dalam mengiplementasikan kegiatan Pamsimas di 282 Desa yang tersebar di 13 Kabupaten, dimana terdapat 264 desa baru lokasi Pamsimas untuk tahun anggaran 2018 (Suloyono-DC Kab. PALI/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp)