Manado, Sulawesi Utara – Dalam rangka Peningkatan Kapasitas FM WSS & FM CD Program Pamsimas III TA. 2018 untuk melaksanakan pendampingan kepada masyarakat untuk mencapai Universal Akses Tahun 2019 maka diadakannya Pelatihan FM Baru dan FM Lama yang bertempat di Hotel Aston Manado Sulawesi Utara pada 20 Mei – 25 Mei 2018. Kegiatan Pelatihan ini di buka langsung Oleh Abdul Hakam, S.T., M.T. (Kasatker PAM-BS) dan di damping Oleh Novi Rindani (PPK Pembinaan Pelaksanaan Wilayah III), Halid Saleh, S.T., M.MT (Kasatker Provinsi Sulawesi Utara) dan Sudirman (PC Provinsi Sulawesi Utara). Kegiatan Pelatihan Ini dari Peserta yang diundang Sebanyak 145 Orang yang hadir 144 Orang (1 Orang tidak hadir karena Cuti Melahirkan) yang terdiri dari 82 Orang Fasilitator FM Lama dan 62 orang Fasilitator FM Baru. Kegiatan Pelatihan ini di Fasilitasi Oleh 17 orang Pemandu yang sudah mengikuti TOT Pelatihan FM Baru & Lama yang berasal dari empat Provinsi (Provinsi Sulawesi Utara,Gorontalo,Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

Pada saat membuka kegiatan pelatihan ini Abdul Hakam berpesan “kepada semua fasilitator bahwa dengan adanya peningkatan Kapasitas ini maka mengurangi temuan-temuan Audit BPKP dan WB khususnya pengadaan, pembukuan dan konstruksi fisik, Selalu kompak dengan Tim melakukan pendampingan di masyarakat, bekerja dengan Ikhlas bersama masyarakat dan tolong saya titip Pamsimas”. Dalam melaksanakan kegiatan pelatihan ini dari jadwal yang sudah di susun oleh NMC yang dimulai jam 08.00 WITA, perubahan jadwal kegiatan dilakukan yaitu mulai jam 07.00 WITA untuk mengantisipasi / mengurangi kegiatan pelatihan malam, supaya teman-teman yang beragama muslim bisa melaksanakan ibadah tarawih dengan khusuk. Alhamdulilah walaupun kegiatan dilakukan di bulan puasa dan waktunya dimajukan seluruh fasilitator mengikuti kegiatan dengan disiplin. Kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Aston Manado ini di bagi dalam 5 Kelas (2 Kelas untuk FM Baru dan 3 Kelas untuk FM Lama) yang di fasilitasi 3 – 4 orang pemandu dalam 1 kelas. Untuk meningkatkan keterampilan FM Bidang WSS, sebagai nara sumber pada pelatihan tersebut  Halid Saleh, S.T. M.MT (Kasatker PSPAMS Provinsi Sulawesi) untuk menyampaikan materi Perencanaan SPAMS dan Deni, S.T. menyampaikan materi Perhitungan Hidrolis dan Epanet serta Pemompaan”, ujar panitia.

Adapun materi yang disampaikan kepada fasilitator lama untuk Kelas Gabung (FM WSS & FM CD) :  Akses Air Minum dan Sanitasi untuk semua warga Masyarakat, Gender dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi, Komunikasi Efektif, Pamsimas sebagai Platform Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Perdesaan, Potensi Sumber Penyediaan Air Minum dan Sanitasi, Review Peran Pelaku AMPL Tingkat Desa dan Tenaga Pendamping Program Lain, Integrasi PJM Proaksi / RKM ke dalam Perencanaan dan Penganggaran Desa, Review Pelaksanaan IMAS (Fokus pada Peta Sosial dan Targeting) dan Pemicuan, Review Proses Penyusunan PJM Proaksi , Review Pendampingan untuk Keberlanjutan, Monev Data SIM dan Pengelolaan LIPUT, Pembahasan Glosarry dan Logbook 2018, Review Mekanisme dan Glossary – Logbook, Review Pelaksanaan Pengelolaan Layanan Informasi dan Pengaduan dan Rencana Kerja Fasilitator.

Kelas Bidang WSS: Review Pelaksanaan Teknis SAMS, Review Pelaksanaan Konstruksi (Pengendalian Pelaksanaan Konstruksi), Review Pasca Konstruksi.

Kelas Bidang CD : Review Pelaksanaan Pengembangan Kelembagaan (KKM dan KPSPAMS), Review Pelaksanaan Administrasi Pengelolaan Keuangan KKM dan KPSPAM, Review Proses dan Administrasi Pengadaan Barang dan Jasa Tingkat Masyarakat, Review Pelaksanaan Pemicuan, Pamsimas Sebagai Upaya Pengurangan Resiko Stunting,

Dan untuk Materi FM Baru sebagai berikut :  Kelas Gabung ( FM WSS & CD) : Akses Air Munum dan Sanitasi untuk Semua Warga Masyarakat, Target Air Minum dan Sanitasi Nasional, Gambaran Umum Program Pamsimas III, Gender dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi, Komunikasi Efektif, IMAS I (Desa Baru dan Desa Pasca), Penyusunan dan Pengusulan Proposal, Pemicuan Perubahan Prilaku, Pembentukan / Penguatan Kelembagaan Masyarakat dalam Pamsimas, IMAS II, Pengalihan dan Pemilihan Opsi SPAMS, Tata Cara Penyusunan PJM Proaksi, Integrasi PJM Proaksi kedalam RPJM Desa, Rencana Pemaketan dan Metode Pengadaan, Penyusunan Rencana Pengadaan Barang dan Jasa Tingkat Masyarakat, Tata Cara Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa, Pengisian dan Penggunaan Data SIM sebagai Aat Monev, Laporan Bulanan, Pengelolaan Liput dan Rencana Kerja Fasilitator Masyarakat.

Kelas Bidang WSS :  Penyusunan Dasar-Dasar Perencanaan SPAMS Bidang Teknis SAMS, Penyusunan RRK Bidang Teknis SAMS (Penyusunan DED dan RAB), Pengawasan dan Pengendalian Pelaksanaan Konstruksi SPAMS dan Sanitasi, Penyelesai Pekerjaan dan Berita Acara Serah Terima.

Kelas Bidang CD : RRK Pelatihan Tingkat Masyarakat, Perencanaan Promosi Kesehatan, Rencana Kontribusi Incash dan Inkind, Rencana Pengumpulan Iuran untuk Operasional dan Pemeliharaan, Rencana Pengamanan Sosial, Pengelolaan Dana BLM, Penilaian Kinerja Keuangan.

Sebelum melakukan Penutupan Halid Saleh melaksanakan kuis berhadiah uang sebesar RP250.000 untuk FM Bidang WSS dan FM Bidang CD. Kegiatan kuis ini dilakukan bertujuan untuk menguji daya ingat Fasilitator pada saat mengikuti Kegiatan Pelatihan. kuis ini di menangkan oleh Muhammad Zulfikar Rajak (FM WSS Provinsi Maluku Utara) dan Ricki Mokoginta (FM CD Kab.n Bolaang Mongondow Provinsi Prov. Sulawesi Utara)

Acara ditutup pada Jumat siang oleh Halid Saleh, S.T. M.MT di damping oleh Sudirman dan Muhammad Nurjaya (TA. CB/CD Prov. Sulawesi Utara). Halid Saleh berpesan kepada semua fasilitator untuk melaksanakan pendampingan masyarakat di desa dengan baik dan benar.  (Irhasana TA. CB/CD Provinsi Gorontalo;Deddy S-WDA NMC)