Salah satu program andalan pemerintah untuk menyediakan akses air minum dan sanitasi di perdesaan dengan pendekatan berbasis masyarakat adalah Program Pamsimas. Pelaksanaan Program Pamsimas sejak tahun 2008 sampai sekarang, telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan pinggiran kota untuk dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi layak, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat melalui upaya pemberdayaan masyarakat serta penguatan kelembagaan KPSPAMS. Upaya tersebut perlu terus dilakukan peningkatan agar pencapaian pemenuhan 100% akses air minum dan sanitasi layak di perdesaan dapat tercapai.

Dalam rangka mendukung pencapaian pelayanan tersebut, telah dilakukan pengembangan sumber pendanaan dalam pembiayaan investasi melalui akses kredit mikro dari lembaga keuangan. Untuk mendorong pengembangan sumber pendanaan tersebut, pada tahun anggaran 2021 Pemerintah Pusat telah menyediakan Bantuan Dukungan Akses Kredit Mikro bagi KPSPAMS, yaitu berupa bantuan biaya premi asuransi penjaminan kredit. Diharapkan dengan bantuan tersebut dapat meningkatkan akses kredit mikro untuk pembiayaan pengembangan pelayanan air minum dan sanitasi perdesaan melalui Program Pamsimas.

Prosedur Operasionl Baku (POB) Bantuan Dukungan Akses Kredit Mikro ini memuat tentang:

  • Penjelasan Bantuan Dukungan Akses Kredit Mikro;
  • Tata cara pengajuan Bantuan Dukungan Akses Kredit Mikro;
  • Tata cara pemantauan dan pelaporan.

Dengan demikian diharapkan seluruh kegiatan pengembangan SPAMS perdesaan melalui akses kredit mikro dapat berjalan dengan baik dan simultan untuk mencapai pelayanan 100% air minum dan sanitasi sebagaimana diamanatkan dalam RPJM 2020-2024.