POB Evaluasi Kinerja Personil ROMS Program Pamsimas ini disusun dengan tujuan untuk mengatur tata cara pelaksanaan evaluasi kinerja personil ROMS Provinsi dan Kabupaten termasuk instrumen evaluasi yang digunakan. Evaluasi kinerja diperlukan untuk mengukur kinerja dan  pencapaian dari  Personil ROMS dalam menjalankan tugas  dan fungsinya sesuai dengan lingkup penugasan dari yang bersangkutan. Kinerja yang dimaksud adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang telah dicapai oleh seorang Personil ROMS dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan lingkup tugas yang diberikan kepadanya, akuntabilitas, serta output dan laporan jang   harus dihasilkan.

Tolok ukur (benchmark)   yang digunakan dalam melakukan evaluasi kinerja adalah standar kinerja yang telah disusun berdasarkan lingkup kerja serta output dan pelaporan yang telah ditetapkan dalam kerangka acuan kerja masing-masing Personil ROMS. Standar kinerja pada dasarnya  adalah  tingkat yang  diharapkan suatu  pekerjaan tertentu  untuk dapat diselesaikan yang merupakan pembanding atas tujuan dan target yang ingin dicapai.

Hasil penilaian evaluasi kinerja ini secara keseluruhan berpengaruh besar terhadap kebijakan yang akan diambil  berkait dengan pengelolaan sumber daya  manusia yang terlibat dalam pelaksanaan Program Pamsimas. Selain itu hasil penilaian evaluasi kinerja personil secara langsung menggambarkan kinerja pelaksanaan Program Pamsimas dilihat dari sisi pencapaian tujuan maupun target.

Pada akhirnya diharapkan  Evaluasi Kinerja Personil ROMS dapat  menjadi bagian dari upaya peningkatan kinerja program secara keseluruhan, sehingga pelaksanaan Program Pamsimas III dapat  berjalan sesuai yang diharapkan dalam rangka pencapaian akses universal air minum dan sanitasi di perdesaan.