Program Pamsimas bertujuan untuk menyediakan akses air minum dan sanitasi yang aman kepada masyarakat. Salah satu upaya untuk mendukung pencapaian target ini adalah dengan memberikan panduan teknis kepada para pelaku pembangunan di lapangan, agar dapat bekerja dengan tepat dan maksimal.

Panduan Perencanaan SPAM Perdesaan ini sangat penting mengingat pelaksanaan Program Pamsimas dikerjakan dengan pendekatan berbasis masyarakat. Dengan dijadikannya masyarakat sebagai pemeran utama dalam pembangunan, program harus mampu membuat konsep pemberdayaan dan materi pendukung yang sesuai.

Panduan ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dan Tim Fasilitator Masyarakat (TFM) dalam memahami teknis perencanaan SPAM.
Panduan Perencanaan SPAM Perdesaan ini juga menjadi instrumen penting untuk menjamin kualitas perencanaan dan memudahkan proses pelaksanaan konstruksi. Tahapan perencanaan dalam POB ini akan menentukan keberfungsian SPAM dalam jangka panjang dan menjamin keberlanjutannya. SPAM yang berfungsi secara optimal dapat mempermudah upaya pengembangan guna menambah penerima manfaat.