Sejalan dengan semangat mewujudkan 100% akses layanan air minum bagi semua masyarakat, Program Pamsimas III telah berkolaborasi dengan Program Hibah Air Minum Perdesaan (HAMP) untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengembangan layanan air minum di desa-desa Pamsimas, dalam bentuk Sambungan Rumah (SR) khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program HAMP juga sebagai ‘reward’ kepada KPSPAMS yang berkinerja baik di dalam pengelolaan SPAM, namun akses layanan air minumnya belum 100%.

Prosedur Operasional Baku (POB) Pelaksanaan Hibah Air Minum Perdesaan diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengelola program Pamsimas di daerah terutama bagi Tim ROMS dalam mendampingi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten mulai dari persiapan, perencanaan, dan pelaksanaan Program HAMP. POB ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan Pedoman dan Juknis Program Pamsimas III.

Semoga dengan diterbitkannya POB ini, pelaksanaan Program Hibah Air Minum Perdesaan dapat berjalan secara efektif dan tepat sasaran.