Program Pamsimas dalam pelaksanaannya didukung oleh tim pendukung pengelolaan program tingkat pusat sampai Kabupaten dan Tim Pendamping Masyarakat tingkat desa. Tim pendukung pengelolaan program tersebut berfungsi untuk membantu Unit Pelaksana Program (Project Implementation Unit/PIU) dalam mengelola perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan program sesuai dengan tingkatannya. Seluruh tahapan pelaksanaan kegiatan Program yang dilakukan mulai dari persiapan, perencanaan, dan pelaksanaan perlu dipantau secara terus menerus untuk melihat kemajuan pelaksanaan kegiatan dan kesesuaian dengan tujuan dan target yang telah ditetapkan.

Cakupan Program Pamsimas III yang sangat luas dan melibatkan pelaku Program yang sangat banyak memerlukan sistem manajemen data yang terintegrasi dan menampilkan data yang valid, lengkap dan tepat waktu. Program Pamsimas telah membangun Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis web untuk mengelola data dan informasi kegiatan pelaksanaan program. Data yang terdapat dalam SIM Pamsimas telah disepakati menjadi satu-satunya sumber data tentang pelaksanaan Program Pamsimas.

Pengisian data SIM Pamsimas adalah kewajiban tim pendukung pengelolaan program tingkat pusat sampai Kabupaten dan Tim Pendamping Masyarakat tingkat desa. Untuk menjamin agar data yang terdapat dalam SIM Pamsimas terisi secara tepat waktu serta terjamin validitas dan kelengkapannya maka diperlukan dukungan dari pihak terkait untuk melakukan pengawasan. Untuk menjamin pemenuhan kewajiban tim pengelolaan program terhadap pengisian data secara lengkap, valid dan tepat waktu maka pengisian data SIM dijadikan sebagai salah satu prasyarat untuk dibayarkannya gaji personil.

POB ini mengatur tentang ketentuan, prasyarat dan mekanisme pembayaran gaji Fasilitator dan Personil ROMS Program Pamsimas. Pada akhirnya dengan adanya kewajiban pengisian SIM sebagai prasyarat pembayaran gaji diharapkan data tentang pelaksanaan Program Pamsimas dapat terisi secara tepat waktu dengan data yang lengkap dan terjamin validitasnya sehingga dapat menjadi instrumen monitoring serta dasar pengambilan keputusan terkait program.