Dalam rangka pengendalian mutu kegiatan program Pamsimas di tingkat Masyarakat, maka perlu dilakukan pengecekan secara langsung (uji petik) oleh pelaku program di setiap tingkatan. Uji petik ini dilakukan untuk melihat proses kegiatan di setiap tahapan yang telah dan sedang berlangsung di masyarakat. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin untuk pemantauan dan evaluasi program Pamsimas yang terjadwal dan terukur yang bertujuan untuk mengukur capaian substansi dan pemenuhan prasyarat kegiatan yang telah ditetapkan.

Mekanisme pelaksanaan uji petik terhadap tahap perencanaan, pelaksanaan, serta operasional dan pemeliharaan semuanya diatur dalam POB Uji Petik ini dan harus dijadikan acuan dalam pelaksanaannya.

Semoga dengan diterbitkannya POB Uji Petik ini, proses dan hasil kegiatan Program Pamsimas III dapat sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, serta dapat menunjang identifikasi proses pengendalian pelaksanaan program di tingkat masyarakat sehingga risiko penyimpangan terhadap aturan/ketentuan program dapat dihindari secara lebih dini.