Kota Palu, Sulawesi Tengah– Dalam rangka mencapai Universal Akses Air Minum dan Sanitasi perdesaan melalui program PAMSIMAS III,  setelah serangkaian pertemuan dan kegiatan  lain yang dilakukan secara internal oleh Provincial Project Management Unit (PPMU) Propinsi Sulawesi Tengah yang diketuai oleh Ir. Abidin H. Marawangi, termasuk pertemuan dengan beberapa DPMU. Pada tanggal 16 Mei 2018 Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah  melalui Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Hidayat Lamakarate, M.Si, mengundang PPMU untuk membahas langkah-langkah  akselerasi  pencapaian Universal Akses 2019 di Provinsi Sulawesdi Tengah.

Dalam  arahannya pada pertemuan tersebut, Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah  menekankan pada; optimalisasi pemanfaatan dana-dana hibah baik yang dialokasikan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten, maksimalisasi kegiatan monitoring untuk mendukung keseluruhan tahapan kegiatan pada tingkat kabupaten, mendukung kolaborasi pendanaan melalui pemanfaatan CSR dan akan mengundang perusahaan-perusahaan potensial di Sulawesi Tengah untuk mendukung pencapaian Universal Akses Air Minum dan Sanitasi perdesaaan melalui Program PAMSIMAS III, dan untuk lebih memperkuat aspek legal percepatan Universal Akses di Sulawesi Tengah, akan segera dikeluarkan Surat Edaran  Gubernur.

Pada akhir arahannya Sekretaris Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, meminta kepada PPMU untuk melakukan evaluasi dan membuat rekomendasi kepada Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah terhadap pelaksanaan Surat Edaran Gubernur yang dimaksud.  Pada kesempatan ini juga Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan kesiapannya untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya dengan PPMU. (Abdul K.S.Naser-TA CD/CB ROMS 16 Sulteng;Deddy S-WDA NMC)