Aceh – Pada tanggal 5-7 Juni 2017, Pamsimas Propinsi Aceh mengadakan acara Rapat Koordinasi di Hotel Permata Hati, Banda Aceh. Acara yang digelar tersebut merupakan tindak lanjut  dari hasil pertemuan pembahasan inception report yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Peserta rapat koordinasi terdiri dari District Cooordinator (DC), District Financial Management Assistant (DFMA) dan Data Entry Administration Officer (DEAO) dari 18 kabupaten Propinsi Aceh.

Kegiatan rapat koordinasi ini dihadiri oleh PPK Pamsimas Wilayah 1, Henny Wardhani Simarmata,ST,M.Sc dan Monev CMAC Wilayah 1, Agus Danar Dono, kegiatan ini juga dihadiri oleh PPMU Pamsimas Propinsi Aceh, Muhammad Taufik,ST,M.Sc, Pokja AMPL Propinsi Aceh dan Tim Manajemen PT.Inersia Ampak Engineers selaku operator ROMS-1 Aceh. Rapat koordinasi yang dihadiri 52 orang peserta ini dibuka oleh Ka.Satker PSPAM Propinsi Aceh Ir.Sahta Bangun, dalam sambutannya beliau menyampaikan, Provinsi Aceh  berkomitmen untuk memperbaiki tingkat pelayanan Air Minum dan Sanitasi, terutama bagi masyarakat pedesaan, sebagai salah satu wujud akuntabilitas pelayanan publik yang mendasar. Salah satu upaya untuk memberikan pelayanan dasar Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL), dukungan pemerintah dilaksanakan melalui Program Pamsimas III yang bertujuan meningkatkan jumlah penduduk yang dapat mengakses fasilitas air minum dan sanitasi yang layak serta mempraktekkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Rapat koordinasi diawali dengan pembekalan oleh PPK Wilayah-1 dilanjutkan Focus Group Discussion (FGD) seluruh peserta yang dibagi dalam enam kelompok, tiap kelompok dipandu oleh satu orang tenaga ahli ROMS-1 Aceh, yaitu Co-Provincial Coordinator, Wiendra Perdana, Iwan Dasrianto (TA-WSS), Muhammad Nur (TA-CB/CD), Jon Fetriadi Yohanes (LGS), Zahirsyah Oemardi (DMA) dan Ramadani selaku FMS. Pada kesempatan tersebut dibahas mengenai target KPI (Key Performance Indicator)-1, pemanfaat air minum Kabupaten, target akses sanitasi, identifikasi permasalahan dalam siklus Program Pamsimas, akar masalah, dan solusi pemecahan masalah.

Dalam acara tersebut Provincial Coordinator ROMS-1 Aceh, Petrizal, MT menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan alur pemetaan Program Pamsimas, setelah kunjungan ke seluruh wilayah Aceh pada bulan lalu, sehingga dalam pelaksanaannya Program Pamsimas lebih terarah.

Setelah berkutat sehari penuh membedah permasalahan dan menggali solusinya, setiap Kabupaten menyampaikan presentasi yang diawali oleh Kabupaten Bener Meriah. Acara yang berlangsung tiga hari tersebut ditutup setelah para peserta mendapat pembekalan dari Tim ROMS-1 Aceh. (Wiendra Perdana-CoPC Aceh:Deddy S-Asst.MIS/Web Admin CMAC )