Kepahiang, Bengkulu – Acara Sosialisasi Program Pamsimas III diadakan pada tanggal 26 Mei 2017 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Kepahiang. Sosialisasi kabupaten program Pamsimas III dibuka oleh Ketua Pokja AMPL Kabupaten Kepahiang H. Ir Ris Irianto, M.Si.  Peserta yang hadir di acara ini adalah kepala desa calon penerima Pamsimas baik desa yang belum pernah menerima bantuan Pamsimas maupun desa yang sudah pernah menerima bantuan Pamsimas ( Desa Pasca ).  Acara juga dihadiri oleh SKPD terkait Kabupaten (Pakem dan Pokja AMPL),juga hadir dari perwakilan satker Propinsi, Dinhi Pinal, ST MT.

Pelaksanaan Pamsimas di Kabupaten Kepahiang dari tahun 2014 yang dikenal dengan nama PAMSIMAS II, Sementara untuk PAMSIMAS III yang perencanaannya dilaksanakan pada tahun 2016 dan akan dilaksanakan pembangunan fisiknya pada tahun 2017 ini sesuai SK Dirjen Pekerjaan Umum Kabupaten Kepahiang mendapatkan bantuan untuk 18 desa yang didanai oleh APBN dan 4 desa yang di danai oleh APBD Kabupaten,

Dari hasil longlist desa untuk kepahiang yang diajukan ke Jakarta sebanyak 60 desa selama 3 tahun sehingga tiap tahun Kab. Kepahiang mendapatkan bantuan sebanyak 20 desa dengan rincian 4 desa didanai oleh APBD dan 16 desa didanai oleh APBN.

Pemaparan Sosialisasi Kabupaten Program PAMSIMAS III dilakukan oleh Co DC DMS Kepahiang  Surya Nengsih, SE dan DC  Andy Jusita, ST memberikan kata sambutan sebelum acara dibuka oleh Ketua POKJA AMPL Kab, Kepahiang.

Setelah dilakukan pemaparan maka dibukalah sesi tanya jawab, pada intinya setelah tanya jawab hampir semua Kepala Desa berminat untuk ikut serta dalam Program PAMSIMAS III TA 2018 sehingga disepakati untuk kegiatan Sosialisasi tingkat desa akan dilaksanakan pada Minggu ke dua bulan Juni (pada saat bulan Puasa Ramadhan) dan juga dilanjutkan dengan kegiatan yang sesuai dengan siklus PAMSIMAS III yang nantinya akan ada Proposal dari desa ditujukan kepada POKJA AMPL melalui PAKEM.

Jadwal penerimaan proposal disepakati pada awal bulan Juli (setelah Idul Fitri) dan akan dilakukan verifikasi dan seleksi proposal oleh PAKEM selama dua Minggu sehingga nantinya akan muncul calon desa sasaran sementara yang akan melaksanakan siklus kegiatan selanjutnya yang pada akhirnya akan muncul Rencana Kerja Masyarakat (RKM) diharapkan pada bulan Oktober RKM sudah dievaluasi dan akan ada daftar desa sasaran TA 2018. Diharapkan dengan adanya PAMSIMAS III ini Target Universal Akses (100 0 100) pada tahun 2019 bisa dicapai oleh Kabupaten Kepahiang. (Tim ROMS Kabupaten Kepahiang;Deddy S-CMAC)