Kebumen. Jateng – Pamsimas III merupakan salah satu program andalan dalam mengejar target universal akses 100 0 100. Sebagai program nasional dalam penyediaan air minum dan sanitasi yang berbasis masyarakat maka  dukungan dana dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah desa dan kontribusi masyarakat sangat diharapkan agar tujuan pamsimas untuk meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan dan daerah pinggiran kota (peri urban) serta menerapkan praktik hidup bersih dan sehat bisa terwujud.

Dalam rangka menjaring desa-desa baru Pamsimas III pelaksanaan TA.2019 dan menginformasikan pelaksanaan Program Pamsimas dan Program AMPL lain di Kebumen, maka pada Senin, 19 Maret 2018 dilaksanakan Sosialisasi Pamsimas III tingkat Kabupaten Kebumen TA.2018, bertempat di Ruang Jatijajar Hotel Candisari Kebumen.

Acara SosKab ini dihadiri oleh Pokja AMPL Kabupaten Kebumen yang terdiri dari unsur Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dispermasdes P3A, dan PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen. Turut hadir 9 Camat lokasi kecamatan calon desa sasaran, , 36 Kepala Desa dan Ketua BPD calon desa sasaran Pamsimas 2019 dan seluruh fasilitator masyarakat kabupaten kebumen.

Acara dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kebumen selaku ketua Pokja AMPL Kebumen, Ir. H. Djoenedi Fatchurahman, M.Si. yang dalam sambutanya menyampaikan bahwa akses universal air minum dan sanitasi merupakan tujuan bersama yang membutuhkan kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah kabupaten, pemerintah desa, tim konsultan / fasilitator  dan masyarakat. SosKab ini juga diharapkan dapat banyak menjaring desa desa pamsimas pelaksanan TA 2019.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan yang dipandu oleh Achmad Aminudin S.T. dari Bappeda Kebumen dengan narasumber Frestyana Manurung S.Ars. dari DPUPR Kebumen selaku ketua DPMU Pamsimas Kebumen yang memamarkan tentang Gambaran Umum Pamsimas, HAMP dan DAK Air Minum. Joko Irianto dari Dinas Kesehatan Kebumen memamarkan Target dan Akses Sanitasi / ODF desa Kebumen. Kusni dari PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen memaparkan Akses Layanan Air Minum Kebumen. Tazrian Noordi dari DC Pamsimas Kebumen memaparkan Siklus Pelaksanaan Pamsimas dan Pengisian Proporsal Pamsimas. Paparan terakhir Supriyanto dari BP SPAMS desa Jatijajar Kebumen memaparkan cerita best practise Keberhasilan Pengelolaan Pamsimas di desa.

Akhir sesi SosKab Pamsimas III TA. 2018, dilaksanakan diskusi tanya jawab antara peserta dengan narasumber seputar Program Pamsimas dan Program AMPL lainnya. Selanjutnya menindaklanjuti Sosialisasi Kabupaten Pamsimas III ini akan segera dilaksanakan Sosialisasi Desa dan IMAS di masing-masing desa yang untuk menjaring peminatan desa Pamsimas TA 2019. (Tazrian Noordi dari DC Kab. Kebumen;Deddy S-WDA NMC)