Anambas, Kepulauan Riau – Bertempat di Kantor Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Daerah Pemerintah Kabupaten Anambas Provinsi Kepulauan Riau, pada hari selasa tanggal 8 Agustus tahun 2017 dilaksanakan acara Lokakarya dan Sosialisasi RAD AMPL melalui pelaksanaan Pamsimas III. Adapun peserta yang turut hadir merupakan perwakilan seluruh SKPD tingkat kabupaten, ROMS, Satker dan PPK Pusat. Sebagaimana kegiatan yang diselanggarakan oleh Pokja AMPL Kabupaten yang di fasilitasi oleh Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Daerah Kabupaten.

Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan untuk Kabupaten Kepulauan Anambas, adapun acara tersebut bertujuan untuk menyiapkan tim penyusun serta agenda kerja penyiapan data informasi sampai pengesahan RAD AMPL melalui Peraturan Bupati. Kegiatan Lokakarya Sosialisasi RAD AMPL tersebut dibuka langsung oleh Asisten II Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu Masykur, ST mewakili Pemerintah Daerah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas sangat mendambakan program dan upaya kelangsungan untuk kebutuhan dasar masyarakat sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu salah satunya adalah pelayanan air minum dan kesehatan pada masyarakat yang merata pada pelaksanaannya bisa berjalan lancar kedepannnya.

Pada pembahasan awal yang disampaikan oleh Sekretaris Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Daerah yaitu Adies Saputra, S.IP, M.Si tentang gambaran umum kondisi Kabupaten Kepulauan Anambas dan potensi nilai investasi AMPL dua tahun belakangan dengan keterbatasan yang menjadi kendala sebagai kabupaten daerah terluar di Provinsi Kepulauan Riau. Sementara itu dalam sambutannya PPK Wilayah I Henny Wardhani Simarmata yang di damping Satker PSPAMS Provinsi Riau, menyampaikan bahwa pemerintah daerah dituntut berkomitmen untuk sharing dana dan program untuk percepatan pelayanan air minum baik dari daerah ataupun pusat melalui kolaborasi antar program untuk pemenuhan air minum sebagai kebutuhan dasar masyarakat.

Pada pendalaman materi sosialisasi yang di sampaikan oleh TA. LGS ROMS Provinsi maka telah di sepakati Tim penyusun RAD AMPL Rencana agenda kerja tim penyusun , penyiapan data informasi sebagai rancangan RAD AMPL dan penetapan mitra konsultasi penyusunan RAD AMPL periode 2017 sampai 2021 dengan target bulan November sudah pengesahan oleh Bupati.

Di kesempatan sebelumnya dilakukan audiensi dengan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu Wan Zuhendra di ruang kerjanya dengan pembahasan gambaran umum tentang Pamsimas dan komitmen daerah yang akan dituangkan dalam RAD AMPL serta target sampai 2019 untuk lokasi desa sasaran Pamsimas dimana Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan kabupaten baru mendapatkanPamsimas III,  total jumlah desa di Kabupaten Kepulauan Anambas sebanyak 54 desa dan kelurahan, beliau mendukung dan berkomitmen agar semua desa yang ada di Kabupaten Kepaulauan Anambas dapat terlayani oleh air minum dengan Pamsimas dan upaya dari sumber dana lainnya.

Tahun ini Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan 5 desa Pamsimas di antaranya 4 desa APBN dan 1 desa APBD yang terkonsentrasi di kecamatan Siantan, Siantan Selatan dan Siantan Timur yang masih satu gugusan kepulauan dan rencana tahun depan 15 desa yang akan terkosentrasi di kecamatanPalmatak yang terdiri 4 pulau yang berdekatan. Faktor Geografis yang terdiri dari banyak pulau serta minimnya tranportasi serta jaringan komunikasi merupakan kendala terbesar perkembangan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas namun respon pemerintah daerah untuk membangun daerah cukup baik sehingga dari tahun ke tahun perkembangan Kabupaten Kepulauan Anambas mulai kelihatan. Pada bagian akhir kegiatan ini dilakukan juga survey bersama dengan SKPD terkait di beberapa lokasi titik sumber air baku yang telah digunakan masyarakat dan yang akan digunakan melalui desa sasaran Pamsimas 2017 maupun UPTD SPAMS setempat. (Antoni F Masbiran :LGS ROMS-4 Kepri:Deddy S-Asst.MIS/Web Admin CMAC)