Nusa Tenggara Timur – Senin 20 November 2017,  Wakil Bupati Nias Sumba Tengah Umbu Dondu BBA, meresmikan penggunaan Sarana Air Minum Program Kegiatan Pamsimas III Tahun Anggaran 2017, Desa Maradesa dan Maradesa Timur, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Kegiatan yang bersumber dana dari APBD Kabupaten Sumba Tengah, merupakan bagian sharing dana  kewajiban Pemerintah Daerah penerima bantuan kegiatan Pamsimas III. Dalam sambutannya Wakil Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya Desa Maradesa dan Desa Maradesa Timur untuk menjaga segala fasilitas sarana dan prasarana yang telah terbangun karena sarana yang ada tersebut telah membantu mengatasi krisis air bersih di kedua desa.

Dalam penyampaianya, Wabup mengingatkan kepada kedua kepala desa untuk menjaga MOU yang telah disepakati terhadap penggunaan sumber air “Waihalibur” secara bersama dan diperkuat dengan Perdes oleh masing-masing desa dalam memelihara sarana yang telah terbangun bagi setiap warganya. Kepada BPSPAMS Wabup menyampaikan, agar sarana yang telah terbangun dapat terjaga, termasuk kelembagaan yang terbentuk, BSPAM yang mengelola sarana yang ada melalui iuran dari masyarakat pengguna. Dan kepada kedua kepala desa diharapkan untuk memperhatikan pembangunan sarana air minum yang ada bagi masyarakat lain yang belum terjangkau.

Besaran  nilai RKM kegiatan Pamsimas Desa Maradesa dan Maradesa Timur, maing –masing desa sebesar Rp500.000.000, dengan rincian sumber dana dari BLM APBD sebesar Rp50.000.000, Dana APBDes Rp.50.000.000, Incah Rp20.000.000 dan Inkind Rp80.000.000.

Adapun realisasi  kegiatan RKM Desa Maradesa terdiri dari pembangunan Reservoar 18.000 liter (1 Unit), Jaringan perpipaan HDPE (3.144 meter), Hidran Umum (4 Unit) dan Kran Umum (2 Unit) dan sarana yang telah terbangun saat ini dapat melayani 97 KK dan 565 jiwa. Sedangkan realisasi kegiatan RKM Desa Maradesa,  terdiri dari Pompa tenaga surya PS 4000 (1 Unit), jaringan perpipaan HDPE (986 meter), Hidran Umum (2 Unit), Kran Umum (3 Unit) dan saat ini baru melayani 16 KK dan 60 Jiwa masyarakat Desa Maradesa Timur,

Dari besarnya investasi yang telah dikeluarkan ternyata belum sepenuhnya menjangkau seluruh masyarakat desa, baik Desa Maradesa maupun Desa Maradesa Timur, hal ini disebabkan karena topografi daerah yang berbukit dan jarak tempat tinggal antara satu rumah dengan rumah yang lain yang masih berjauhan, ditambah lagi dengan kebiasaan masyarakat yang suka menempatkan rumah pada posisi ketinggian, sehingga pada pelaksanaan selanjutnya pemerintah Desa Maradesa dan Maradesa Timur berencana untuk mengalokasikan dana APBDes TA 2018 untuk memperluas lagi jaringan perpipaan yang ada untuk menjangkau masyarakatnya yang belum terlayani agar bisa mengakses air bersih.

Antusiasme dan semangat masyarakat yang kuat, bagian sebagai warg Maradesa dan Maradesa Timur terbayar sudah,  masyarakat tidak lagi jauh-jauh dalam mengambil air untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari, Dan harapan yang sama dari semua adalah semoga air yang dihasilkan ini menjadi sumber berkat bagi semua yang menggunakannya. (Timotius Lendebulu – Co-DC Sumba Tengah; Deddy Setiawan -Asst.MIS/Web Admin CMAC)