Dari beberapa agenda rakor DC dan FS serta DEAO harus berjibaku melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas RKM dan data SIM secara tepat dan cepat dengan memahami dan berbagi peran sesuai penjelasan tugas masing masing pelaku baik ditingkat desa dan ditingkat Kabupaten

Jambi Rapat Koordinasi adalah salah satu wadah yang di fasilitasi oleh Program Pamsimas dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan serta merupakan forum diskusi dalam rangka mencari solusi dari permasalahan dan mengangkat isu yang sedang berlangsung yang dihadapi oleh semua pelaku program guna mencapai hasil kerja yang maksimal. Pada Rapat Koordinasi ini pokok pembahasan adalah kualitas dan kuantitas RKM di 9 Kabupaten Pamsimas III wilayah Propinsi Jambi selama 2 hari (tanggal 11, 12 Januari 2017) bertempat di hotel Amanah dan Gedung PIP2B Dinas PU Propinsi Jambi dihadiri oleh seluruh District Coordinator (DC), Data Entry Adminstration Officer (DEAO), Fasilitator Senior diseluruh kabupaten Pamsimas di Provinsi Jambi.

Rapat koordinasi hari pertama dibuka oleh Project Manager ROMS 2, Ir. Sofiarman Pito, MM menyampaikan hasil capaian dari pendampingan pelaksanaan Pamsimas di 9 kabupaten Propinsi Jambi masih perlu ditingkatkan, dari kuantitas jumlah RKM desa yang difasilitasi oleh fasilitator dimasing masing kabupaten masih belum mengakomodir target yang ada di surat CMAC dan dari segi kualitas semua kabupaten baik lama dan baru kualitas RKM Desa harus menjamin keberlanjutan dan target layanan menuju 100%.

Rapat koordinasi ini difasilitasi oleh PMS Bengkulu Jambi Ir. Robert Irwan Natakusuma bersama timnya dengan peserta dari  District Coordinator (DC), Data Entry Adminstration Officer (DEAO) dan Fasiitator Senior (FS) pada 9 Kabupaten di Propinsi Jambi dengan beberapa agenda diantaranya penjelaskan TOR DC, FS, dan FM oleh QAS dan FMS Bengkulu Jambi serta capaian kinerja Kabupaten terkait jumlah RKM dan target layanan oleh FS pada 9 Kabupaten, pembahasan terhadap kualitas dan kelengkapan data SIM di pimpin oleh DMS ROMS 2 dan beberapa hal lainnya yang tak kalah penting untuk dibahas.

Pada awal sambutannya Ketua CPMU Ir Agus Ahyar M.Sc pada acara Rakor ini memberikan informasi dan semangat baru bagi semua pelaku pamsimas di Propinsi Jambi, salah satunya terkait gaji FM dan FS yang langsung ditanyakan kepada managemen  FAS yang ikut hadir dirapat koordinasi terkait pembayaran Gaji FM dan FS yang menjadi tanggung jawab FAS agar tidak terlambat sesuai dengan kontraknya. Pada kesempatan ini juga beliau  memberikan penjelasan tentang penetapan desa Pamsimas oleh pusat akan melihat dari ketersediaan air baku (MA, Air Permukaan dan air tanah dalam dengan melihat kondisi CAT), kualitas air baku yang digunakan, rencana dan desain SPAM menuju 100% serta tambahan penerima manfaat.

Diakhir pelaksanaan Rakor ini setiap kabupaten menyusun Action Plan dalam waktu 3 hari dengan mengacu pada catatan dan point penting serta kesimpulan dari seluruh agenda pada rakor sesuai kondisi kabupaten masing masing dengan target pelaksanaan sampai dengan Minggu ke 2 Februari 2017. Rakor Provinsi Jambi ini berakhir pada hari Kamis sore tanggal 12 Januari 2017 yang ditutup secara resmi oleh Project Manager ROMS 2 Ir. Sofiarman Pito, MM. (Ruliansyah – QAS Bengkulu Jambi; Deddy – CMAC)