Implementasi Program Pamsimas III akan dilaksanakan selama 3 (tiga) tahun mulai tahun 2016 sampai dengan tahun 2019, dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah masyarakat perdesaan dan pinggiran perkotaan (peri-urban) yang mengakses pelayanan air minum aman dan sanitasi layak.

Pada akhir tahun 2020, Progam Pamsimas ditargetkan dapat membantu penyediaan sarana air minum aman dan sanitasi layak di 27.000 desa dengan jumlah tambahan penduduk yang mendapatkan akses air minum aman sebanyak 22,1 juta dan sanitasi layak sebanyak 14,5 juta jiwa, di 365 Kabupaten dan 33 Provinsi. Pamsimas III ini menjadi salah satu program andalan untuk bidang air minum dan sanitasi dalam rangka pencapaian Akses Universal Air Minum dan Sanitasi pada Tahun 2019, yang diamanatkan dalam RPJMN 2015 – 2019.

Dalam rangka mencapai suksesnya Program Pamsimas III, maka Satker Pengembangan Air Minum Berbasis Masyarakat merekrut 18 (delapan belas) Regional Oversight Management Services (ROMS) yang membantu pelaksanaan Pamsimas di tingkat Provinsi dan Kabupaten.

Penandatanganan Kontrak ROMS dilakukan Pada Jumat Pagi (17/03/2017) di Kantor PU Pattimura Jakarta, Lt.8, yang antara lain dihadiri oleh Ir. Mochammad Natsir, M. Sc. (Direktur Pengembangan SPAM), Ir. Agus Ahyar M. Sc. (Ketua CPMU Pamsimas, Ditjen Cipta Karya), Fitri Peranginangin, ST. MM. (Kasatker Pengembangan Air Minum Berbasis Masyarakat, Ditjen Cipta Karya), PPK Wilayah antara lain Henny Wardhani Simarmata ST. M.Sc, Diah Prameshwari ST. M. Sc, Diah Suryaningtyas SIP. MM. dan ROMS ( Wilayah I, Wilayah II dan Wilayah III).

ROMS ini akan memberi dukungan kepada CPMU dan CPIU serta unit-unit pengelola program Pamsimas di daerah yang terdiri dari Provincial Project Management Unit (PPMU), Satker PSPAM Provinsi, dan District Project Management Unit (DPMU).

PPMU dan DPMU ini terdiri dari Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum, DInas Kesehatan, Bappermas/BPMD, dan dinas lain yang terkait. Dukungan yang diberikan oleh ROMS kepada unit pengelola Pamsimas tingkat Provinsi dan Kabupaten yaitu dalam pengelolaan dan pelaksanaan Program dalam rangka pencapaian indicator kinerja utama / Key Performance Indicator dan hasil program. (AT Pulungan-Desain Graphis CMAC;Deddy-Web Admin CMAC)

*Untuk melihat maupun mendownload Photo kegiatan Penandatanganan Kontrak ROMS Wilayah I, II dan III, Klik Disini