Warning: Undefined array key "hidden" in /home/website/public_html/berkas/plugins/fusion-builder/shortcodes/fusion-gallery.php on line 756

Warning: Undefined array key "hidden" in /home/website/public_html/berkas/plugins/fusion-builder/shortcodes/fusion-gallery.php on line 756

Warning: Undefined array key "hidden" in /home/website/public_html/berkas/plugins/fusion-builder/shortcodes/fusion-gallery.php on line 756

Aceh Tamiang, Aceh – Air adalah sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia. Setiap hari kita membutuhkan air untuk aktivitas keseharian yang kita lakukan mulai dari mandi, minum, memasak, mencuci baju, mencuci piring, dan lainnya, kesemuanya membutuhkan air bersih. Mengingat pentingnya air bersih bagi kehidupan manusia, Oleh karena itu Pemerintah Kampung Suka Makmur Kecamatan Kejuruan Muda berusaha agar kebutuhan sarana air bersih bisa terpenuhi dengan cara membangun sarana air bersih yang bersumber dari Dana Pamsimas III dan sharing Dana Desa tahun 2017.

Kolaborasi Program Pamsimas III dengan Pemerintah Kampung Suka Makmur Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang dalam rangka menuju Universal Akses 100-0-100. Diharapkan pada tahun 2019 bisa mencapai target Universal Akses sesuai dengan rencana kerja pemerintah pusat yang tercantum dalam RPJMN yakni 100% Air Minum Aman, 0% Kawasan Kumuh, 100% Sanitasi layak.

Hal ini tentunya patut dicontoh oleh desa-desa yang lain di kabupaten Aceh Tamiang maupun Desa di daerah lain pada umumnya dalam rangka menuntaskan pelayanan dasar khususnya kebutuhan air bersih dan sanitasi yang layak bagi seluruh masyarakat. Hal ini selaras dengan amanah UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, bahwa Desa dengan kewenangan lokal skala desa berkewajiban untuk memberikan pelayanan dasar bagi masyarakatnya.

Kampung Suka Makmur merupakan salah satu kampung dari 6 (enam) kampung penerima BLM program Pamsimas III pada tahun 2017 di kabupaten Aceh Tamiang dengan jumlah total anggaran sebesar Rp. 407.000.000,- ( 70% APBN, 10% APBDes, 16% In Kind, dan 4% In Cash ). Dengan kewajiban sharing dana dari APBDes minimal 10% yang merupakan persyaratan program Pamsimas III sebesar Rp.40.700.000,- dari total anggaran, namun Kampung Suka Makmur menganggarkan APBDes lebih dari 10% untuk mendukung kegiatan sarana air bersih program Pamsimas III sebesar Rp. 97.800.000,- sehingga jumlah total dana kegiatan Pamsimas di kampung Suka Makmur mecapai Rp. 457.800.000,- setelah ditambahkan dengan In Kind dan In Cash sebesar 20%.

Menurut Bapak Tiono selaku Datuk Penghulu (Kepala Desa), sharing APBDdes lebih dari 10% dengan tujuan agar kegiatan air bersih program Pamsimas III bisa sampai sambungan rumah (SR). Nantinya masyarakat yang ada di dusun Suka Jadi dengan jumlah penduduk 754 jiwa (laki-laki 368 jiwa, perempuan 386 jiwa) tinggal membuka kran dirumah masing-masing, serta untuk kedepannya kita berharap kegiatan air bersih ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat kampung Suka Makmur dengan meperluas jaringan perpipaan, papar Tiono.

Lebih lanjut menjelaskan, sambungan rumah (SR) dari saluran induk sampai kerumah masing-masing dilengkapi dengan meteran air yang berfungsi untuk pengendalian pemakaian air. Maka dari itu, diharapkan kesadaran masyarakat, bagaimana menggunakan air sesuai dengan kebutuhan dan sesuai fungsinya, agar masyarakat tidak menghambur-hamburkan air dengan sesuka hatinya.

Sehingga ketersediaan air tetap bisa dinikmati oleh masyarakat selamanya, termasuk generasi selanjutnya dimasa yang akan datang. Melihat begitu banyak manfaat air bersih bagi kehidupan, maka sudah sewajar nya kita menghargai dan menggunakan air dengan bijak. (Hanafi Rusli, SE – Fasilitator FM-CD Kab. Aceh Tamiang)