Aceh Besar, 20 November 2017 – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar berkomitmen ikut terlibat dalam shooting film Ekspedisi Pamsimas dari Aceh sampai Papua. Keinginan terlibat dalam shooting film tersebut berdasarkan pertemuan Bupati Aceh Besar, Ir. Mawardi Ali dengan Wiendra Perdana, Co. PC Pamsimas Aceh yang turut didampingi oleh Effendi, DC Aceh Besar dan Co. DC Aceh Besar, Bahagia Ishak, Sabtu (17/11) setelah meminpin rapat persiapan Pekan Olah Raga Rakyat Aceh (PORA) 2018.

Ir. Mawardi Ali, Bupati Aceh Besar mengatakan padatnya jadwal dan kesibukan akan menyediakan waktu khusus untuk terlibat dalam shooting film Pamsimas III di Jantho, Aceh Besar. “Bisa, kita atur jadwal shooting film sekitar pukul 4 sore di Desa Jantho, ucap Ir. Mawardi Ali.

Film tersebut merupakan bahan publikasi program Pamsimas melalui media TV.  Film akan mengambarkan berbagai kisah masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidupnya melalui peningkatan akses air minum dan sanitasi di Desa Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Dalam kesempatan tersebut Bupati Aceh Besar mengatakan, pemerintah Aceh Besar telah menyiapkan dana khusus untuk sharing dana APBK sebanyak 3 desa.

“Sharing dana APBK tersebut merupakan kontribusi pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk mendukung kerja pemerintah pusat dalam meningkat akses air minum menjadi 100 persen” ucap Ir. Mawardi Ali.

Pengambilan gambar film dokumenter Ekspedisi Pamsimas dari Aceh sampai Papua – yang rencana dibuat 6 episode – diawali di Desa Jantho, Kecamatan Jantho Kabupaten Aceh Besar.  Dari Aceh Besar, shooting akan dilanjutkan dengan mengambil lokasi pulau Jawa, Kalimantan,  Sulawesi, Bali dan akan diakhiri di Papua.  Total ada 6 titik lokasi shooting yang menggambarkan nusantara, dari Aceh sampai Papua.  Program Pamsimas sendiri tersebar dari ujung barat Indonesia (Aceh) hingga ujung timur (Papua), tersebar di 365 kabupaten di seluruh nusantara.

Film Ekspedisi Pamsimas menampilkan host Ricky Perdana, artis sinetron TV dan menjadi host diberbagai program televisi di Indonesia termasuk acara olahraga sepakbola Liga Italia.  Ia akan mendatangi lokasi program Pamsimas dari Aceh sampai Papua, untuk bertemu dengan warga dan tokoh masyarakat, pelaku Pamsimas di tingkat desa, serta  pejabat di berbagai daerah yang menjadi lokasi program Pamsimas.  Di Desa  Jantho Ricky Perdana mewawancari Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali, Kepala Desa Jantho Ansari, Kepala Sekolah SDN 1 Jantho Cut Ratmiyati, dan Ketua BPSPAMS Desa Jantho Abdussalam A. Jalil, serta berdialog dengan warga Desa Jantho.

Bupati Aceh Besar mengucapkan terima kasih kepada CPMU Pamsimas telah memilih Aceh Besar sebagai lokasi pertama dimulainya pengambilan gambar film ekspedisi Pamsimas yang  mewakili kegiatan Pamsimas di wilayah Sumatera.

Bupati berharap semoga shooting film Pamsimas akan menjadi contoh dalam mengelola program pemberdayaan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan, mengelola pemanfaatan hasil program serta pengembangan keberlanjutan program, terang Bupati Aceh Besar tersebut.

Film documenter Pamsimas ini rencananya akan ditayangkan di media televisi nasional pada awal Desember 2017 secara serial.  Tayangan film sebagai bagian dari pra-kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang akan diadakan  di Jakarta tanggal 12-13 Desember 2017, yang akan mengundang 365 Bupati dari seluruh Indonesia yang daerahnya menjadi lokasi program Pamsimas.  (Bahagia Ishak, Co-DC Aceh Besar ; Hartono Karyatin-Social Media & Communications CMAC)