Jawa Timur – Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BPSPAMS) di Kabupaten Malang memiliki peran strategis dalam pemenuhan air bersih di tingkat desa. Karena itu, Pengelola  yang memiliki kinerja bagus layak mendapatkan apresiasi. Penilaian dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang lewat tim dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK).

Dari 509 BPSPAMS di Kabupaten Malang, ada 8 yang dinyatakan lolos penilaian awal lomba BPSPAMS berkinerja terbaik 2017. Pengelolaan Air tersebar di delapan desa tersebut berada di enam kecamatan. Rinciannya adalah tiga desa di Kecamatan Poncokusumo, satu desa di Kecamatan Bululawang, satu desa di Kecamatan Tajinan, satu desa di Kecamatan Tirtoyudo, satu desa di Kecamatan Pagak serta satu desa di Kecamatan Dampit.

Menurut Kepala Dinas DPKCPK Wahyu Hidayat, Lomba Kinerja BPSPAMS terbaik ini baru baru pertama kali diadakan, parameter penilaian yang digunakan adalah seputar Kelembagaan, Teknik Pengelolaan BPSPAMS, dan Administrasi Pengelolaan Keuangan, diharapkan lewat lomba BPSPAMS tersebut pengelola bisa lebih profesional.

Setelah melewati tahapan seleksi dari 509 BPSPAMS menjadi 8 besar hasil yang diperoleh adalah, tiga BPSPAMS terpilih sebagai  yang terbaik yaitu Desa Karangnongko Kecamatan Poncokusumo lokasi Pamsimas TA 2015 sebagai Juara 1 (BPSPAMS Sumber Lestari), Desa Tangkilsari Kecamatan Tajinan lokasi Pamsimas TA 2015 Juara 2 (BPSPAMS Tirtowinangun) dan Desa Sumbertangkil Kecamatan Tirtoyudo menempati juara ke 3 HIPAM. (Aldi Agung Permana, S.Psi- FM-CD Kabupaten Malang;Deddy S-Asst.MIS/Web Admin CMAC)