Temanggung, Jawa Tengah. Pada tahun 2024, Kabupaten Temanggung mendapatkan alokasi desa Pamsimas sebanyak 6 desa. Salah satu desa yang melaksanakan kegiatan Pamsimas yaitu desa Bansari yang berada di Kecamatan Bulu. Desa Bansari terbagi menjadi 4 Dusun, yaitu Dusun Dari, Dusun Gedangan, Dusun Prangkokan, dan Dusun Balong. Dusun yang akan dilayani Pamsimas tahun 2024 adalah Dusun Prangkokan, yang saat ini 20% penduduknya menggunakan mata air segunung dan dikelola secara swadaya. Sumber mata air tersebut berjarak 3.000 m dari Dusun Prangkokan, 15% penduduknya menggunakan mata air sekebleg yang terletak di Desa Bansari dengan jarak 4.000 m dari permukiman warga, 10% mendapatkan air dari sisa lupan air dari Dusun Gedangan, sisanya warga dusun Prangkokan mendapatkan akses air berasal dari kali umum dan terdapat 6 warga memiliki sumur gali. Warga sangat antusias mendapatkan program Pamsimas karena mereka memiliki keinginan besar untuk mendapatkan akses air yang lebih mudah sampai di rumah dengan menggunakan sambungan rumah.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi di Desa Bansari dan pembentukan Kelompok Masyarakat “ Tirto Asri “ pada tanggal 12 Mei 2024 yang diketuai oleh Bapak Sami Wahyu Setiaji dan didukung oleh anggota Pokmas serta bahu membahu bersama warga dusun Prangkokan. Kegiatan fisik yang akan dibuat adalah optimalisasi sumur bor, pengadaan dan pemasangan pompa, pemasangan listrik baru dengan daya 3.500 VA, pembangunan reservoir baru 24m3, pengadaan dan pemasangan pipa distribusi, dan SR.

Mengingat waktu pelaksanaan pendek dan kesibukan warga yang sebagian besar mata pencaharian sebagai petani adalah menanam tembakau, maka Bapak Sami sebagai Ketua Pokmas berupaya menggerakan warga untuk terlibat dalam pelaksanaan PAMSIMAS mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pelaksanaan fisik.

Seperti baru-baru ini, warga Dusun Prangkokan secara bergotong-royong baik laki-laki maupun perempuan, secara aktif turut terlibat dalam proses pembangunan PAMSIMAS. Kaum perempuan membaur bersama dengan kaum laki-laki untuk mendekatkan material ke Lokasi kegiatan dan terlibat pula dalam penggalian, pemasangan serta pengurugan jalur pipa. Bahkan pada saat pengecoran reservoir setiap rumah diwakili 1 anggota keluarganya bergotong-royong mengecor reservoir sehingga bisa selesai dalam waktu yang singkat.

Kerjasama dari semua lapisan masyarakat menjadi harapan warga agar kegiatan Pamsimas 2024 di desa Bansari dapat selesai pada akhir November, serta dapat segera dinikmati airnya oleh warga desa Bansari khususnya dusun Prangkokan.

[September 2024-Tim Pamsimas Kab. Temanggung, Prov. Jawa Tengah – Rudy Suryanto (FS),Rita Hariyawati (FMT), Camelia Febrianti (FMK)]