Seru, Menegangkan, Happy, Menyenangkan, Pecaaahhhh…

Itulah perasaan seluruh peserta yang telah mengikuti serangkaian kegiatan dan tantangan dari Pamsimas Water Adventure 2024. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 9 Oktober 2024 lalu berlokasi di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Terdapat 21 orang peserta yang terbagi dalam 7 regu yang berasal dari berbagai kampus yaitu Univ. Gadjah Mada, Univ. Islam Indonesia, Univ. Atmajaya Yogyakarta dan Univ. Airlangga Surabaya.

Kegiatan yang bertema “Muda Beraksi, Mengalirkan Kebaikan Tanpa Batas” bertujuan menumbuhkan kepedulian para pemuda pada kegiatan penyediaan air minum. Berbagai kegiatan dan tantangan diberikan untuk di selesaikan oleh peserta, yaitu ObRas (Obrolan Santai) Pengelolaan SPAM Desa, Peragaan Teknologi Telemetri Kontrol Pompa Air, Bhakti Lingkungan di PMA Jambe, Peragaan Teknologi Pencarian Sumber Air, Pembuatan Filtrasi Air Sederhana serta Wisata di Air Terjun Sri Gethuk. Hadir pada acara pembukaan antara lain Sekretaris Daerah dan Kepala Bappeda Kab. Gunung Kidul, Kepala Balai PPW DI Yogyakarta, Kasubag TU Dit Air Minum,  Camat Kecamatan Playen dan Kepala Desa Bleberan serta perangkat desa dan masyarakat.

Kepala Balai PPW DI Yogyakarta pada sambutan pelepasan peserta menyampaikan harapan agar para peserta dapat mendorong generasi muda lainnya untuk peduli dan menjadi agen perubahan dalam upaya untuk mewujudkan Pembangunan sektor air minum yang inklusif dan berkelanjutan. “Pemuda yang penuh semangat, kreatif dan inovatif dapat menjadi agen perubahan dalam mendorong perubahan perilaku dan kebiasaan yang lebih sehat dan berkelanjutan. Melalui pembiasaan gaya hidup lestari atau berkelanjutan, kaum muda juga diharapkan dapat menjadi pelopor dan pendorong perubahan norma sosial dalam Masyarakat.”

Acara penutupan dilakukan di lokasi Wisata Air terjun Sri Gethuk dengan mengumumkan Pemenamng I, II dan III. Seluruh peserta menyampaikan perasaan senangnya mengikuti kegiatan Pamsimas Water Adventure 2024 dan berharap dapat mengikutinya kembali di tahun mendatang.