Pangandaran, Jabar – Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) telah menimbulkan keprihatinan, rasa was-was dan cemas di kalangan masyarakat luas, termasuk masyarakat Desa Bunisari Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat. Untuk itu, KSB (Kampung Siaga Bencana) Peduli COVID-19 Desa Bunisari menjaring relawan untuk membantu masyarakat menangani penyebaran dan pencegahan COVID-19.

Salah satu komponen masyarakat yaitu Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi atau KPSPAMS “Tirta Bunisari” Desa Bunisari mengajukan diri menjadi relawan dan melibatkan diri dalam upayapencegahan COVID-19 di daerahnya.

KPSPAMS merupakan kelembagaan masyarakat yang dibentuk untuk mengelola sarana air minum dan sanitasi hasil kegiatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Desa Bunisari merupakan salah satu desa di Kabupaten Pangandaran yang menjadi lokasi sasaran program Pamsimas tahun 2017.

Ketua KSB Peduli COVID-19 mengungkapkan rasa syukur karena KPSPAMS antusias menjadi relawan bersama dengan organisasi ‘Tagana’ dan Karang Taruna. Para Relawan ini melaksanakan kegiatan penyemprotan desinfektan ke sarana ibadah seperti masjid dan mushola, rumah warga yang ODP, dan fasilitas umum lainnya.

Dede Rusinan, Ketua KPSPAMS Desa Bunisari dan segenap pengurus lainnya juga gencar melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di desanya maupun di tingkat Kecamatan Cigugur untuk membantu Pemerintah Kabupaten Pangandaran dalam melawan COVID-19.

Dalam upaya memerangi COVID-19 para relawan KPSPAMS “Tirta Bunisari” fokus pada tiga strategi, yakni promotif, preventif dan koordinatif. Sementara target utamanya adalah meminimalisasi penularan virus Corona dan menciptakan suasana tidak panik di kalangan masyarakat.

Salah satu upaya promotif dengan membuat pos kesehatan di berbagai wilayah serta melakukan prosedur standar yang telah ditetapkan KSB Peduli COVID-19. Selain itu, meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kepanikan di masyarakat dengan melakukan sosialisasi dan edukasi terkait gejala atau tanda-tanda seseorang terkena COVID-19 dan pola penyebaran virus tersebut.

Dede berharap seluruh relawan terlibat penuh dalam melaksanakan tugasnya sehingga wabah Corona dapat dihentikan. Apa yang dilakukan Dede dan teman-temannya di KPSPAMS yang terlibat aktif dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran dalam upaya menurunkan angka kematian akibat penyakit COVID-19.

KPSPAMS ‘Tirta Bunisari’ menguatkan barisan dan bekerja ekstra guna menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap air minum yang aman dan sanitasi yang layak agar masyarakat di desanya dapat terhindar dari serangan virus yang mematikan ini (Andi Rahardian-DC Kab Pangandaran/Ahmad Rustendi-TA CDCB Jabar/Hartono KS)