Muara Bungo, Jambi – H Bakrie anggota Komisi V DPR-RI yang membidangi infrastruktur melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, tepatnya ke Desa Suka Jaya di Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Kamis (11/08).

Seyogyanya yang akan melakukan kunjungan langsung adalah H Bakrie, akan tetapi karena ada sesuatu halangan kegiatan diwakili oleh asistennya yang diwakili Faisal dan Andry Sanusi yang merupakan Wakil Ketua Fraksi PAN Kabupaten Bungo. Turut hadir dalam kunjungan tersebut Ketua DPMU Pamsimas Kabupaten Bungo Yeni Deriyanti, ST didampingi Kasi Air Bersih Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bungo, Tim Pamsimas Kabupaten Bungo, Tim Fasilitator, Kepala Desa Suka Jaya, KKM dan masyarakat setempat.

Desa Suka Jaya merupakan lokasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2020 dengan sumber pendanaan BLM – APBN sebesar Rp 245 juta, ditambah APBDes dan swadaya masyarakat. Sebagian besar masyarakat DesaSuka Jaya merupakan petani.

KKM ’Jaya Bersama’ Desa Suka Jaya bersama ’Satlak’ Pamsimas telah menyelesaikan pekerjaan sumur bor dalam dan sarana cuci tangan inklusif disabilitas, dan saat ini tengah mengerjakan pembangunan menara air dan penggalian jaringan perpipaan.

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dibangun menggunakan sumur bor yang dipompakan ke menara dan selanjutnya dialirkan secara gravitasi ke rumah warga. SPAM yang dibangun terdiri sumur bor 1 unit, menara air 1 unit, sarana cuci tangan di sekolah, dan jaringan perpipaan sepanjang 1.296 meter. Sarana nantinya akan mampu melayani warga Kampung Rebak Rajo dan Rawa Sialang dengan target pemanfaat 700 jiwa.

Tim H Bakrie sangat mengapresiasi kinerja KKM ’Jaya Bersama’ yang telah menjalankan program Pamsimas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran COVID-19. Setiap orang yang datang diwajibkan cuci tangan pakai sabun dan dilakukan pengukuran suhu badan. Terkait progres pelaksanaan kegiatan, Tim H Bakrie meminta KKM dan Satlak untuk bekerja sama dan tidak menunda pekerjaan agar tidak terjadi keterlambatan dalam penyelesaian pekerjaan.

Datuk Rio Suka Jaya (Kepala Desa, Red) Yani Afris berharap apa yang akan digapai saat ini semua demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Dusun Suka Jaya. Air bersih masih menjadi kebutuhan yang sangat mendasar bagi masyarakat. ”Apa yang kami lakukan bersama Pengurus KKM dengan dukungan masyarakat adalah untuk membantu mewujudkan Bungo Maju dan Sejahtera serta Jambi Tuntas Tahun 2021 untuk pencapaian Akses Universal khususnya di Dusun Suka Jaya,” tambahnya. Ia berharap ada bantuan sarana lagi bagi kampung lain yang belum mendapatkan layanan air minum.

Ketua DPMU Pamsimas Kabupaten Bungo Yeni Deriyanti, ST menyampaikan, untuk tahun anggaran 2020 Pemerintah Kabupaten Bungo mencanangkan program Pamsimas di 27 desa, dengan rincian 10 desa didanai APBN, 4 desa didanai APBD, dan 11 desa didanai HID (Hibah Insentif Desa). Adapun rincian dana bantuan untuk BLM APBN sebesar Rp 2,45 Miliar, APBD sebesar 980 juta, dan HID sebesar 2,695 Miliar. Dalam pelaksanaan kegiatan nantinya semua desa akan didampingi Tim Fasilitator. Ia berharap agar sarana Pamsimas yang dibangun dapat berkelanjutan melalui penerapan iuran. (Muhammad Sodri Renjani-Fasilitator Senior Kab Bungo/Hartono).