Muara Enim, Sumsel – Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyerahkan trophy dan piagam KPSPAMS Award Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020 kepada Juara II KPSPAMS ‘Sumber Makmur’ Desa Kayu Ara Sakti Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim.

Lomba KPSPAMS atau KPSPAMS Award tingkat provinsi ini untuk pertama kali dilakukan di Sumatera Selatan yang dikoordinasikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera diikuti 13 kabupaten lokasi program Pamsimas se-Sumatera Selatan.  Sebagai Juara I adalah KPSPAMS Desa Tegal Rejo Kabupaten Musi Rawas) dan Juara III diberikan kepada KPSPAMS Desa Payakabung  Kabupaten Ogan Ilir.

Trophy dan Piagam Juara II KPSPAMS tingkat provinsi diserahkan secara langsung oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim dr Yan Riyadi, MARS dan disaksikan unsur Muspida Kabupaten Muara Enim.

“Teruslah berinovasi untuk Muara Enim yang lebih baik,” ucap Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim dr Yan Riyadi, MARS saat menyerahkan piagam penghargaan kepada TOP 10 Inovator Perangkat Daerah terbaik tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2020, Kamis (17/12/2020) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Bappeda.

KPSPAMS  ‘Sumber Makmur’ ditetapkan sebagai Juara II KPSPAMS berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan Tim Juri Tingkat Provinsi yang terdiri dari unsur Dinas PMD, Dinas Perkim, Dinas Kesehatan di tingkat provinsi, perwakilan Program P3MD Provinsi, dan perwakilan Pamsimas ROMS Provinsi Sumatera Selatan, dengan waktu penialain 16 s/d 19 November 2020.  Kriteria yang dijadikan dasar dalam menilai KPSPAMS adalah aspek perencanaan, pengelolahan administrasi dan keuangan, kinerja layanan air minum dan sanitasi, kemitraan kelembagaan dan aspek pengembangan sarana.

Keberhasilan ini tidak luput dari hasil kerja keras KPSPAMS  ‘Sumber Makmur’ dalam mengelola sarana  air minum dan administrasi dan keuangan yang terkelola dengan baik.

Dukungan dari pihak pemerintah desa beserta masyarakat Desa Kayu Ara Sakti sangat tinggi dalam upaya pelayanan air minum dan sanitasi oleh pihak KPSPAMS, termasuk pendampingan yang diberikan fasilitator masyarakat program Pamsimas.

Dengan keberhasilan KPSPAMS  ‘Sumber Makmur’  sebagai juara II KPSPAMS  tingkat provinsi kiranya dapat dijadikan sebagai motivasi dalam memberikan pelayanan air minum dan sanitasi di tingkat desa secara lebih baik lagi.

Dirman, mewakili Pemerintah Desa Kayu Ara Sakti menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu, saran dan kritik serta masukan dari berbagai pihak sangat diharapkan agar kedepannya kinerja KPSPAMS Desa Kayu Ara Sakti lebih baik lagi. (Andri Ismadi-DC Muara Enim/ Hartono)