Jogjakarta – Bupati Gunungkidul H Sunaryanta melakukan Pengukuhan Pengurus Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan Tirta Panguripan Dhaksinarga Kabupaten Gunungkidul masa bakti 2022-2027 di Hotel Santika Wonosari Gunungkidul, Sabtu (26/11/2022). Dalam pengukuhan tersebut Bupati Gunungkidul didampingi oleh Jajaran Pokja PKP dan Koordinator Kabupaten Gunungkidul.

“Saya mengapresiasi reorganisasi Kepengurusan Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan untuk periode lima tahun mendatang. Sebagaimana kita sadari bersama bahwa pelayanan air minum merupakan kebutuhan dasar manusia, oleh karena itu keberlangsungan pelayanan air minum ini menjadi sangat penting dan mengemban amanah seluruh masyarakat yang dilayani,” tutur H Sunaryanta.

Lanjut H Sunaryanta, dalam mengelola Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Sanitasi melalui program PAMSIMAS memerlukan pengalaman yang cukup tentang penyelenggaraan PAM dengan pendekatan ‘berbasis masyarakat’ juga dengan latar belakang wilayah yang konturnya pegunungan dan rawan kelangkaan air. Bupati Gunungkidul juga menyampaikan apresiasinya setinggi-tingginya atas pengabdian dan sinergitas yang telah terjalin dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul. Ditambahkan pula bahwa masih diperlukan banyak bantuan untuk memenuhun kebutuhan air, berharap dengan keberadaan Asosiasi ini mampu mendorong pemenuhan kebutuhan air bersih. (Eko Setyo Winanto, DC Kabupaten Gunungkidul)