Jakarta – PAMSIMAS. Sehubungan dengan telah terbitnya SK Menteri PUPR Penetapan Lokasi Sasaran Kegiatan Pamsimas Tahap II pada 534 desa/kelurahan yang tersebar di 90 kabupaten/kota pada 22 provinsi, Satker Direktorat Air Minum melaksanakan Peningkatan Kapasitas Bagi Pelaksana dan Pendamping Pamsimas SK Tahap II TA 2024 Regional II pada tanggal 23-26 Juli 2024 di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Hadir sebagai peserta tatap muka adalah PPK Air Minum atau yang mewakili, Koordinator Provinsi, TA Manajemen Keuangan dan Fasilitator Senior dari 6 Provinsi. Sedangkan untuk Fasilitator Masyarakat hadir secara virtual dari lokasi masing-masing.
Di bagian awal pembukaan disampaikan laporan oleh Staf Satker Dit. Air Minum, Ibnu Chaesar. Pada laporannya disampaikan tujuan peningkatan kapasitas dan materi-materi yang disampaikan pada peningkatan kapasitas ini. Pada pembukaan, ibu Mirani Arlan selaku PPK Manajemen II Direktorat Air Minum, mengharapkan agar agar waktu yang tersedia dimaksimalkan untuk dapat menyelesaikan seluruh kegiatan Pamsimas pada lokasi sasaran yang masuk dalam penetapan SK Tahap II.
Seluruh materi disampaikan secara partisipatif. Selama penyampaian materi oleh pemandu, peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan pengalaman yang telah dialami pada pelaksanaan Pamsimas di tahun sebelumnya. Khusus hari kedua, setelah Ishoma peserta dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas Teknik dan kelas keuangan. Diakhir kegiatan, Tim Pelaksanaan KIBM Pamsimas, Indah Putri Mayang memberikan arahan sekaligus menutup kegiatan. Pada arahannya ditegaskan kembali agar RKM untuk lokasi SK Tahap II bisa dituntaskan paling lambat M-I Bulan September 2024 agar target pencairan Dana BPM Tahap I untuk semua lokasi SK Tahap II dapat dilakukan pada periode Minggu II – III September 2024.