Kalimantan Selatan – Sosialisasi Pamsimas III Kabupaten Balangan tanggal 8 Juni 2017 secara resmi dibuka oleh Drs. H. Ansharuddin selaku Bupati Balangan, dalam sambutan/arahannya beliau menegaskan agar dalam pelaksanaan Program Pamsimas III semakin bagus dan orientasi tidak hanya fokus pada peningkatan kualitas fisik saja tetapi berorientasi pada bagaimana membangun dan menumbuhkan sikap dan karakter masyarakat. Pentingnya aspek pengetahuan masyarakat tentang air bersih, seperti pola makan dan minum, seperti masih adanya kebiasaan minum air secara langsung (tidak direbus) walaupun dengan anggapan/asumsi masih “aman-aman” saja. Namun jika diteliti lebih jauh dan mendalam, bisa jadi tingkat kesehatan dan produktivitas masyarakat masih bisa dipertanyakan. Begitu juga halnya dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan lingkungan sekitar desa-perkampungan, hal sederhana menurut Bupati ketika ada drainase airnya tergenang dan tidak jalan dipastikan adanya tumpukan sampah yang menghambat jalannya air, masyarakat sekitar harusnya peduli dan merasa memilki untuk ikut menjaga drainase agar berfungsi dengan baik. Tugas pemerintah daerah sudah memfasilitasi menyediakan fasilitas umum seperti drainase tadi,  tidak semua tanggungjawab untuk merawat dan menjaganya semuanya dibebankan kepada pemerintah.

Masyarakat merupakan bagian penting dalam pembangunan, tidak hanya menjadi sasaran pembangunan tetapi menjadi bagian penting untuk berpartisipasi, untuk itu tegas Bupati “pentingnya perubahan sikap masyarakat” terhadap cara pandang pembangunan, bahwa masyarakat adalah pelaku utama dalam pembangunan masyarakat secara luas. Bupati juga berharap peran Camat dan Kepala Desa yang sering berhubungan langsung dengan masyarakat desa untuk selalu bekerjasama, memberikan pengarahan dan motivasi. Masih adanya kebiasaan BABS terutama di bantaran sungai, perlu sosialisasi dan penyadaran mendalam, sekali lagi tegas Bupati peran Camat dan Kepala Desa.

Terkait dengan pelaksanaan pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan Bupati Balangan komitmen dan mendukung untuk menuju akses universal (100-0-100) hingga akhir tahun 2019. Bupati berharap pelaksanaan Program Pamsimas III di Kabupaten Balangan dapat menjangkau seluruh desa-desa yang ada di kabupaten Balangan, dan berharap melalui kegiatan Pamsimas III semakin meningkatnya pendidikan kesehatan, kualitas lingkungan hidup dan mampu menjadi pendorong atau berkontribusi mensejahterakan masyarakat.

Sebelum sambutan Bupati Balangan, kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia pelaksana Sosialisasi dalam hal ini H. Mukhlis Suriani, ST selaku Kepala Dinas PU-Penataan Ruang mepalporkan bahwa peserta Sosialisasi ini dihadiri POKJA AMPL Kabupaten Balangan, DPMU dan Satker Program PAMSIMAS, Para Kepala Dinas/Badan (SKPD) Kabupaten Balangan, Panitia Kemitraan (PAKEM) Kabupaten Balangan, Para Camat Se-Kabupaten Balangan, Konsultan Pendamping PAMSIMAS III District Coordinator, Asosiasi BP – SPAMS Kabupaten Balangan, Para Kepala Desa dan Ketua BPD, Perwakilan CSR-PT. Adaro Indonesia di Balangan serta dari ROMS 13 Kalsel sekaligus salah satu narasumber. Kabupaten Balangan sudah berpartisipasi dalam Program Pamsimas I & II sejak tahun 2008-2016 sudah 98 desa, untuk Pamsimas III tahun 2017 direncanakan 15 desa dan kini sudah memasuki tahapan verifikasi RKM oleh Pakem dan implementasi-pelaksanaan RKM direncanakan selambatnya dimulai bulan Juli 2017.

Dalam acara Sosialiasi Pamsimas III Kabupaten Balangan, dari Pakem Balangan juga menyampaikan data-laporan “Capaian Pelaksanaan Pamsimas I, II dan III Kabupaten Balangan”, materi ini disampaikan oleh Rahmadiah, ST, MT selaku Satker – DPMU Kabupaten Balangan. Dalam paparannya beliau menyajikan data-data pelaksanaan dari Pamsimas I & II  Tahun 2008-2016 termasuk foto-foto kegiatan. Sejak Pamsimas II kegiatan Pamsimas sudah didorong untuk sambungan rumah (SR), sehingga untuk Hidran Umum (HU)  & Kran Umum (KU) opsi ini sudah dihindari kecuali jika pada kondisi tertentu. (Zulkifli, SE-TA CD-CB ROMS 13 Kalsel;Deddy S-Asst.MIS/Web Admin CMAC)