Kebumen, Jawa Tengah – Jumlah pelanggan air yang dikelola Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi atau KPSPAMS ‘Jati Tirto’ Desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah, terus bertambah. KPSPAMS dengan motto “Resik Banyune, Murah Regane, Lancar Ngalire” (airnya bersih, murah, dan mengalir lancar, RED), saat ini mengelola 958 SR (sambungan rumah).

Setiap bulannya terjadi penambahan jumlah pelanggan air. Sebagaimana dituturkan Supriyanto, Sekretaris KPSPAMS ‘Jati Tirto’, setiap bulannya terjadi penambahan sambungan rumah (SR) sebanyak 17 – 25 SR. Namun di masa pandemi COVID-19 saat ini penambahan SR turun drastis hanya sekitar 3 – 5 pelanggan baru per bulan.

Dengan tarif air sebesar Rp 800 – 1350/ M3, setiap bulannya KPSPAMS ‘Jati Tirto’ dapat mengumpulkan iuran dari pelanggan sebesar Rp 22 – 24 juta. Selain iuran air, KPSPAMS juga mendapatkan pemasukan dari pemasangan baru sambungan rumah dengan biaya pasang Rp 1 juta per SR.

Pada semester pertama tahun 2020, total pendapatan kotor KPSPAMS ‘Jati Tirto’ sebesar Rp 138.868.000.  Rencananya KPSPAMS akan menyisihkan Rp 100 juta dari pendapatan tersebut untuk pengembangan pelayanan, antara lain untuk pengadaan lahan, perluasan jaringan pipa distribusi, dan pengadaan material SR. Pada akhir semester kedua ditargetkan jumlah pelanggan mencapai 1.000 SR dengan pendapatan kotor setiap bulannya Rp 150 juta. Pengembangan pelayanan ini sangat dimungkinkan mengingat kapasitas debit sumber air goa barat di Desa Jatijajar yang digunakan sebagai sumber air baku KPSPAMS ‘Jati Tirto’ masih sangat besar yaitu 8-10 liter/detik.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, selain mengandalkan pendapatan dari para pelanggan, KPSPAMS akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain  pemerintah desa, masyarakat, karang taruna, lembaga keuangan, dan Asosiasi Pengelola SPAMS (Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi) Perdesaan Kabupaten Kebumen selaku wadah berhimpun KPSPAMS yang ada di tingkat desa.

Selain fokus pada pengembangan layanan, di masa pandemi COVID-19 KPSPAMS ‘Jati Tirto’ memberikan perhatian kepada pelanggannya yang berjumlah 958 SR. KPSPAMS melakukan aksi sosial dengan melakukan penyemprotan desinfektan dan membagikan cairan sabun cuci tangan kepada pelanggan. Pelanggan yang membayar iuran air pada bulan Juni dan Juli diberikan masker secara gratis. Setidaknya selama bulan Juni sampai dengan Juli 2020 KPSPAMS telah membagikan 1000 masker yang diberi logo “KPSPAMS Jati Tirto”.

KPSPAMS ‘Jati Tirto’ juga memberikan bantuan sosial berupa uang tunai Rp 1,5 juta untuk membantu kegiatan Karang Taruna Desa Jatijajar dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

KPSPAMS ‘Jati Tirto’ tidak hanya menjadi contoh sebagai KPSPAMS berkinerja baik dengan  jumlah SR terus bertambah, namun juga perlu dicontoh dalam kesetiakawanan dan jiwa sosial. Semoga KPSPAMS ‘Jati Tirto’ bisa memberikan pelayanan air minum yang berkualitas baik dengan harga yang terjangkau masyarakat secara terus menerus sesuai dengan mottonya “Resik Banyune, Murah Regane, Lancar Ngalire.” (Tazrian Noordi-DC Kebumen/Sri Wahyuni- TA CDCB Jateng/Hartono Karyatin-Media Sp PAMSIMAS).